PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN AKSESIBILITAS MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN ANGKATAN 2018 TERHADAP PENERAPAN SIPEJAR MENGGUNAKAN MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)

Aisyah Ayu Qonita, Sulton Sulton, Yerry Soepriyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi aksesibilitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Malang Angkatan 2018 terhadap penerapan SIPEJAR (Sistem Pengelolaan Pembelajaran) menggunakan model TAM (Technology Acceptance Model). TAM merupakan model penerimaan teknologi yang bertujuan untuk menjelaskan dan menperkirakan penerimaan (acceptance) pengguna terhadap suatu sistem informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan pengolahan data menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi aksesibilitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Malang Angkatan 2018 terhadap penerapan SIPEJAR termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (mean) 77,36 dan presentase 71,63%.

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.

Cahyo, W. Y. H. (2014). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Chang, Y. Z., Ko, C. Y., Hsiao, C. J., Chen, R. J., Yu, C. W., Cheng, Y. W., ... & Chao, C. M. (2015). Understanding the determinants of implementing telehealth sistems: a combined model of the theory of planned behavior and the Technology Acceptance Model. Journal of Applied Sciences, 15(2), 277-282.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.

Fathema, N., Shannon, D., & Ross, M. (2015). Expanding the Technology Acceptance Model (TAM) to examine faculty use of Learning Management Sistems (LMSs) in higher education institutions. Journal of Online Learning & Teaching, 11(2).

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1977). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research.

JuhriyansyahDalle, P. (2016). Aplikasi Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Penerimaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (Mpi) Kubus Dan Balok.

Liu, Z., & Wei, Z. (2019, January). Research on Chinese College Students’ Using Behavior towards E-learning Services Based on Improved TAM Model. In 2nd International Conference on Social Science, Public Health and Education (SSPHE 2018). Atlantis Press.

Praherdhiono, H., Adi, E. P., & Prihatmoko, Y. (2018, September). Strengthening Performance for Teachers in Early Childhood Education with Heutagogy on the Utilization of Digital Learning Media and Sources. In 1st International Conference on Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018). Atlantis Press.

Salloum, S. A. S., & Shaalan, K. (2018). Investigating students’ acceptance of E-learning sistem in Higher Educational Environments in the UAE: Applying the Extended Technology Acceptance Model (TAM). The British University in Dubai.

Setiawan, E., Antoni, D., & Mirza, A. H. (2019). Analisis Penerimaan Sistem Ujian Online Berbayar Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Dan Webqual. Jurnal Bina Komputer, 1(1), 61-72.

Sugiri, W. A., Sihkabuden, S., & Ulfa, S. (2017, May). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Pengguna Massive Open Online Course (Moocs). In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 110-117).

Supriyati, S., & Cholil, M. (2017). Aplikasi Technology Acceptance Model pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(1), 81-102.

Ulfa, S. (2018) Exploring Student’s Perceptions of Computer based Testing for University Entrance Examination By Using Technology Acceptance Model: Case Study State University of Malang, Indonesia. International Journal of Educational Researchers, 8(2), 1-8.

Widyapraba, E., Susanto, T. D., & Herdiyanti, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pengguna Untuk Menggunakan Aplikasi Daftar Online Rumah Sakit (Studi Kasus: RSUD Gambiran Kediri). SESINDO 2016, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aisyah Ayu Qonita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats