ANALISIS PEMANFAATAN SEARCH ENGINE DALAM MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Nila Rukmi Kusuma Ningrum, Anselmus J.E. Toenlioe, Zainul Abidin

Abstract


Kegiatan belajar di bangku perkuliahan mengharuskan mahasiswa untuk belajar mandiri (Self-regulated learning). Dalam belajar dan mengerjakan tugas kuliah, segala informasi dapat dicari dengan bantuan mesin pencarian (search engine). Mahasiswa perlu mengatur sendiri cara belajar mereka di luas dan bebasnya informasi internet. Berdasarkan permasalahan tersebut,  penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persepsi mahasiswa Teknologi Pendidikan mengenai pemanfaatan search engine dalam kegiatan belajar, 2) mendeskripsikan kemampuan self-regulated learning  mahasiswa Teknologi Pendidikan 3) mendeskripsikan kegiatan pemanfaatan search engine dalam meningkatkan self-regulated learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa catatan lapangan, hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Data berupa hasil wawancara dengan delapan mahasiswa dan seorang dosen sebagai narasumber. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memanfaatkan internet dalam berbagai kebutuhan sehari-hari, terutama dalam belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Beberapa mahasiswa menyadari bahwa tidak semua informasi yang ditemukan memiliki kualitas yang baik dan memuat informasi yang tepat. Mahasiswa masih melakukan pencarian dengan pola yang sederhana. Mahasiswa seringkali mencari (searching) satu informasi tanpa memadukan dengan informasi dari sumber lain yang didukung oleh fakta. Mahasiswa dapat melatih kemampuan belajar mandiri dengan meningkatkan motivasi belajar, kemampuan memadukan informasi dari beberapa sumber belajar, serta mengevaluasi dan merefleksi belajar diri mereka.

Full Text:

PDF

References


Arianto, Fajar,, Setyosari, Punaji,, Effendi, Mohammad,, Ulfa, Saida. (2016) . Mobile Technology Mind Tools to Develop Metacognitive Skill for Spastic Cerebral Palsy. Academic Reasearch International, 7 (3) 137-141. Retrieved from http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./Vol.7(3)/2016(7.3-13).pdf

Fasikhah, S.S & S. Fatimah. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1 (1): 145-15. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/download/1364/1459.

Hidayat, A. (2017). Statiskian. Retrieved February, 2019, from Statiskian website: https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html/amp.

Hidayati, K & E Listyani. (2010). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14 (1): 83-100. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1977.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur, M. D. M. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis Website terhadap Hasil Belajar pada Siswa yang Memiliki Self-regulated Learning (SRL) yang Berbeda. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2 (1) 65-76. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2078/1223.

Raharjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Retrieved Januari, 2019 from https://www.uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Retrieved Januari, 2019 from repository.uin-malang.ac.id/1123/1/metode-pengumpulan.pdf.

Wahid, F., & Teduh D. (2012). Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijaya, T. (2011). Perancangan Alat Ukur Indeks Usabilitas Pada Mesin Pencari (Search Engine). Retrieved April, 2019, from http://eprints.uns.ac.id/4759/1/Unlock-182093101201202331.pdf.

Panadero, E. (2017). A Review of Self-regulated Learning: Six Models and Four Directions for Research. Frontiers in Psychology 8(422). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/316542562_A_Review_of_Self-regulated_Learning_Six_Models_and_Four_Directions_for_Research.

Praherdhiono, Henry,, A, Zainul,, A, Eka Pramono,, P, Yulias,, Suryadi,, S, Yerry (2018). Learning Design for Strengthening of Learner Self-Concept. Paper presented at International Conference on Education and Technology (ICET 2018), Desember 2018 (pp. 141-145).

Praherdhiono, Henry,, A, Eka Pramono,, P, Yulias (2018). Strengthening Performance for Teachers in Early Childhood Education with Heutagogy on the Utilization of Digital Learning Media and Sources. Paper presented at Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018), September 2018, (pp.74-79).

Reni, Yevina M, Kuswandi, D, Sihkabuden. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Self-Regulated Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4 (1) 47-55. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2392/1443.

Riyanto. (2012). Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X: Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di SMK Muda Patria Kalasan. (Published bachelor’s thesis) Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Schunk, DH. (2008). Metacognition, self-regulation, and self-regulated learning: Research recommendations. Educ Psychol 20:463–467 Retrieved Maret, 2019 from https://idp.springer.com/authorize/casa?redirect_uri=https://link.springer.com/article/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 nila rukmi kusuma ningrum, Anselmus J.E. Toenlioe, Zainul Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jinotep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.