Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V SDN Tingal 1 Garum Blitar

Nicholas Septian Trijatmiko, Agus Wedi, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar untuk pembelajaran Bahasa Jawa kelas V yang dilakukan di SDN 1 Tingal Garum. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menjadikan kepala sekolah, guru Bahasa Jawa, dan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola  pemanfaatan perpustakaan sekolah yang digunakan adalah dengan memastikan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas belajar dengan menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar. Tujuan dari pola pemanfaatan tersebut agat tertanamkan sikap dan kesadaran siswa untuk membaca. Faktor pendukungnya adalah tersedianya perpustakaan sekolah, semangat guru, antusias siswa,penataan buku yang baik, adanya RPP yang kondisif. Faktor penghambatnya adalah tidak adanya petugas perpustakaan, tidak adanya struktur perpustakaan yang jelas, banyak menyitawaktu pelajaran, dan kurangnya sumber belajar yang mendukung.

Abstract

This study aims to determine the use of the school library as a learning resource for learning Javanese language class V conducted at SDN 1 Tingal Garum. The research is a qualitative descriptive study by making school principals, Javanese language teachers, and students as research subjects. The results showed that the pattern of utilization of the school library used was to ensure students complete their learning tasks by using the school library as a learning resource. The purpose of the utilization pattern is to embed students' attitudes and awareness to read. Supporting factors are the availability of school libraries, the enthusiasm of teachers, enthusiastic students, good arrangement of books, the existence of conditional lesson plans. The inhibiting factors are the absence of library staff, the absence of a clear library structure, a lot of time-consuming lessons, and a lack of supportive learning resources.


Keywords


Perpustakaan Sekolah; Sumber Belajar; Bahasa Jawa

Full Text:

PDF

References


Albab, A. U. (2018). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai sumber belajar siswa di SDN Candiwatu Mojokerto. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Atiqoh, F. (2016). Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di man purwokerto 2 tahun pelajaran 2015/2016. Iain purwokerto.

Degeng, I Nyoman S, & Sudana, N. (1989). Ilmu pengajaran taksonomi variabel. Jakarta: Depdikbud.

Degeng, I Nyoman Sudana. (1989). Kerangka perkuliahan dan bahan pengajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Ellington, H., Addinall, E., & Percival, F. (1982). A handbook of game design. Kogan Page.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Juwitasari, r. R. R. F. A. R. I. (n.d.). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Kamulyan, M. S., & Primasari, F. (2016). Implementasi Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 17–30.

Koper, R. (2003). Combining reusable learning resources and services with pedagogical purposeful units of learning. In Reusing online resources (pp. 64–77). Routledge.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novriliam, R., & Yunaldi, Y. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 141–150.

Nur, F. M. (2016). Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sains kelas V SD pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. JESBIO: Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, 1(1).

Prayitno, A. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1).

Rahmat, A., & Hindriana, A. F. (2014). Beban Kognitif Mahasiswa Dalam Pembelajaran Fungsi Terintegrasi Struktur Tumbuhan Berbasis Dimensi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1).

Rosdiana, H. (2007). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Wonogiri. Universitas Negeri Semarang.

Saleh, A. R. (2014). Manajemen perpustakaan.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.

Widiasa, I. K. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jurnal Perpustakaan Sekolah, Tahun, 1, 1–14.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Teori belajar dan pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nicholas Septian Trijatmiko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats