Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Surah At-Tin Siswa Kelas V

Ahmad Dimyati, Anselmus Je Toenlioe, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif scramble terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Pre-test dan Post-test. Rata-rata hasil hasil post-test (76,72) mengalami peningkatan dibandingkan hasil pre-test (69,97). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif scramble mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Rowogempol 1 Lekok Pasuruan secara signifikan.

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of scramble cooperative learning models on learning outcomes of 5th grade elementary school students in Islamic religious education subjects. This research is a Pre Experimental Design study using One-Group Pretest-Posttest Design. Data collection is done by using the Pre-test and Post-test techniques. The average post-test results (76.72) have increased compared to the pre-test results (69.97). Based on the results of data analysis, it was concluded that the scramble cooperative learning model was able to significantly improve the learning outcomes of 5th grade students at SDN Rowogempol 1 Lekok Pasuruan.


Keywords


Pembelajaran Kooperartif; Scramble; Pendidikan Agama Islam, Efektifitas

Full Text:

PDF

References


Artini, A. A. A. S. V., Sujana, I. W., Wiyasa, I. K. N., & Kes, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Semester 1 Sekolah Dasar Gugus Kapten Kompiang Sujana Denpasar Barat. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Bower, G. G. (2013). Utilizing Kolb’s Experiential Learning Theory to Implement a Golf Scramble. International Journal of Sport Management, Recreation & Tourism, 12.

Dewi, N. S., & Kurniawan, A. (2017). The Effect of Scramble Game Towards the Ability of Composing Sentences for Students with Intellectual Disability. Journal of ICSAR, 1(1), 81–84.

Fitria, D., & Andriesgo, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2).

Fitriasari, R., & Dewi, T. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Pekalongan. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(2).

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Jannah, H. R., Lisnawati, S., & Sutisna, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas Iii Sdit Al-Madinah Cibinong Bogor. Jurnal Akrab Juara, 4(3), 189–195.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162.

Lubis, S. (2019). Tinjauan Normatif Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Anti-Korupsi. Murabbi, 2(1).

Manalu, W., & Siregar, E. Y. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Smp Negeri 2 Pandan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 93–98.

Mulyatiningsih, E. (2010). Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan (paikem). Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Depok, Jawa Barat.

Nasution, S., & Arifin, M. (2019). Pengaruh Metode Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Gemaedu, 4(2), 129–137.

Ningtyas, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Peningkatan Keterampilan Menyusun Kalimat Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Panjer. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 6(3).

Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: kencana.

Shoimin, A. (68AD). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Tarsito, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Umasugi, S., Bugis, R., & Handayani, N. (2018). The Scramble Game In Improving Students’ vocabulary at the Seventh Grade of MTS LKMD Sawa. Jurnal Retemena, 3(2), 1–10.

Utomo, V. B. (2015). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar/Vicky Budi Utomo.

Wahid, A. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sdn Kabupaten Bangkalan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 14–30.

Wijayanto, F. A. (2015). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Scramble Dan Konvensional Materi Kebebasan Mengemukakan Pendapat Mapel Pkn Kelas Vii Mts NU Ungaran Semarang. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahmad Dimyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats