Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan pada Siswa Tunarungu di SMPLB

Risma Laurentia Putri, Mohammad Efendi, Sihkabuden Sihkabuden

Abstract


Ketidakberfungsian organ pendengaran pada tunarungu mengakibatkan terhambatnya
perkembangan bahasa dan bicara sehingga pada anak tunarungu mengalami hambatan dalam memperoleh
informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan memahami isi
bacaan sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa metode sosiodrama pada siswa tunarungu kelas
VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata pada tahap
pre test sebesar 42,5, sedangkan perolehan rata-rata pada tahap post test meningkat sebesar 79,5 setelah
dilakukan intervensi.


Keywords


sosiodrama; kemampuan memahami isi bacaan; tunarungu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan

Khusus Tunarungu. Jakarta: Luxima

Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Susilawati, S. Y.

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri

Terhadap Peningkatan Penguasaan Tata Kalimat

Pada Siswa Tunarungu.

Uno. Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran

Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang

Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Winarsih, Murni .2007. Intervensi Dini Bagi Anak

Tunarungu Dalam Pemerolehan Bahasa.

Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat

Ketenagaan.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Memingkatkan

Kemampuan Membaca Peningkatan

Komprehensi.Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats