Pengaruh Metode Picture Exchange Communication System (PECS) terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Autis di SLB Autis Laboratorium UM

Citra Rizky Ratna Putri, Wiwik Dwi Hastuti, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak: Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan yang sangat kompleks yang mencakup bidang komunikasi, interaksi sosial, emosi, dan ketertarikan terhadap perilaku tertentu. Anak membutuhkan alat bantu dan metode khusus dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan bahasa terutama dalam kemampuan berbicara. Salah satu metodenya yaitu metode Picture Exchange Communication System (PECS). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Single Subject Research dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilaksanakan selama 20 sesi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari metode PECS terhadap kemampuan komunikasi anak autis. Hal ini dibuktikan dengan persentase overlap sebesar 0%. Kesimpulannya adalah metode Picture Exchange Communication System (PECS) berpengaruh pada kemampuan komunikasi anak autis.

 

Kata Kunci: autis;metode Picture Exchange Communication System (PECS); kemampuan komunikasi

Keywords


autis;metode Picture Exchange Communication System (PECS); kemampuan komunikasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats