Kemampuan Menyusun Kalimat pada Siswa Tunarungu melalui Kartu Gambar
Abstract
Siswa tunarungu memiliki keterbatasan dalam menginterpretasi kalimat karena kemampuannya
hanya bersandar pada pengalaman bahasanya yang terbatas, sehingga terjadi kesalahpahaman makna dan
arti bagi orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan
sesudah menggunakan kartu gambar dan kata untuk menyusun kalimat. Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pre-tes post test design. Dimana sebuah
eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelompok kontrol atau
pembanding. Dari perhitungan tersebut dapat dinyatakan adanya pengaruh penggunaan kartu gambar
dan kata sebagai bentuk intervensi terhadap kemampuan menyusun kalimat perintah.
Students with hearing impairment have limitations in interpreting the sentence because his
ability to interpret the phrase only rely on their limited language experience, When they speak, the
spoken sentence is unstructured or upside down so that other people. The purpose of this study were:
to determine differences in learning outcomes before and after picture card and word usage of sentence
composition. This study was a pre-experimental research design with the design of one group pre-test
post-test design. the experiment conducted on a group was without using a control or comparison group.
From these calculations could be expressed that there was the influence card use picture and word as a
form of intervention in the ability to make sentences command as the target behavior.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada
Effendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Finoza, L. (2005). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Cita Aditya bakti.
Kustiawan, U. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Universitas Negeri Malang
Putrayasa, I. B.(2010). Analisis Kalimat (fungsi, kategori, dan peran). Bandung: PT Refika Aditama
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p47-50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats