Metode VAKT untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita

Putri Desy Liliana, Wiwik Dwi Hastuti, Abdul Huda

Abstract


Pengaruh Penggunaan Metode VAKT Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode VAKT terhadap kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita di SDLB. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan SSR dengan desain A-B-A. Data dianalisis dengan uji pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan metode VAKT memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita

The Effect of Using VAKT Method on Writing Ability of the Beginning of Children with Intellectual Disability. The purpose of this study was to describe the effect of the VAKT method on the writing ability of early mentally retarded children in SDLB. The study was conducted using a quantitative approach with SSR design with A-B-A design. The results of the study showed that the VAKT method had the effect of increasing the writing ability of early mental retardation students


Keywords


Metode VAKT; Menulis Permulaan; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 168-

Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Tunagrahita

: Suatu Pengantar Dalam Pendidikan Inklusi.

Bandung : PT Rafika Aditama.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus Dan Layanan

Khusus. (2017). Pedoman Pembelajran Peserta

Didik Tunagrahita Pada Satuan Pendidikan

Khusus. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan

Kebudayaan.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).

Media Counting Board untuk Kemampuan

Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Maulana, S., Sumekar, G., Iswari, M., (2013,).

Efektifitas Metode VAKT Untuk Meningkatkan

Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Anak

Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Khusus. 2(3). 222-233

Mutakim, Y., Barasandi, S., Mertosono, S. R., (2015).

Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan

Siswa Kelas II SDN Lalong Melalui Media

Gambar Seri. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 5

(9). 244-256

Mastur. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan

Pra Menulis Melalui Tiga Dimensi Pada Anak

Tunagrahita Sedang Di Slb Negeri Bangkinang.

Jurnal Ips, Sains, Dan Humaniora. 3(4). 625-634

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Rahmansyah, L., Huda, Abd., Saichudin (2016).

Metode Visisual, Audio, Kinestetik, Dan Taktil

(VAKT). Jurnal Ortopedagogia, 2(2). 77-81

Resmini. (2010). Pembinaan dan Pengembangan

Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra.

Bandung: UPI Press.

Tarigan. (2008). Menulis. Bandung : Penerbit Angkasa.

Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak

Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di

Sekolah Luar Biasa. Jurnal Architecture. 1(2).

-124




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p77-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats