PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ida Fitriyati, Arif Hidayat, Munzil Munzil

Abstract


Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA yang valid dan layak, serta teruji keefekfitasannya dalam meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah dan berpikir tingkat tinggi siswa. Desain penelitian pengembangan menggunakan 4D dari Thiagarajan, yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, desain, develop dan dessiminate. Sedangkan uji efektifitas menggunakan desain kuasi eksperimen, dengan mengambil kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar hasil pengembangan, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang biasa digunakan. Hasil uji kelayakan produk pengembangan berupa perangkat pembelajaran IPA yang terdiri dari buku ajar dan media pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 87,43 persen dan 87,31 persen. Ini berarti perangkat pembelajaran dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil uji terbatas perangkat pembelajaran memiliki rata-rata skor sebesar 80,55 persen. Hasil uji efektifitas produk pengembangan menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada kemampuan berpikir ilmiah dan berpikir tingkat siswa. Perangkat pembelajaran IPA efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah dan berpikir tingkat tinggi siswa Sekolah Menengah Pertama.


Keywords


perangkat pembelajaran IPA; kemampuan berpikir tingkat tinggi; penalaran ilmiah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i1p27-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats