KOHERENSI PROGRAM PEMBELAJARAN KARYA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU FISIKA TAHUN 2017

Sugiyanto Sugiyanto, Sulur Sulur, Endang Purwaningsih, Agus Suyudi

Abstract


Guru sebagai pelaksana kurikulum pendidikan nasional dituntut mampu mengembangkan program pembelajaran yang mengemban amanat kurikulum. Program pembelajaran seharusnya memuat secara rinci dua komponen utama yaitu kegiatan belajar siswa dan hasil belajar yang harus dicapainya. Kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan program pembelajaran dimaknai sebagai kemampuan menghasilkan variasi program pembelajaran yang selaras dengan kurikulum nasional. Koherensi dari suatu program pembelajaran menjadi ukuran utama atas keselarasan atau ketaatan asas dari program pembelajaran tersebut terhadap misi kurikulum pendidikan nasional. Analisis terhadap program pembelajaran yang dikembangkan oleh mahasiswa peserta pendidikan profesi guru fisika tahun 2017 menunjukkan tingkat koherensi yang masih sangat rendah.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 87 tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.

Semiawan,C.R.1991. Strategi Pengembangan Diri Untuk Menjadi Pemimpin Jakarta: Grasindo.

Sugiyanto (2015), Analisis Kemampuan Mahasiswa Program PPG Fisika Tahun 2015 dalam Menganalisis Kompetensi Dasar. FMIPA UM, Laporan Penelitian.

Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Uzer Usman, 2006. Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v3i1p24%20-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats