Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS untuk membangun modal sosial peserta didik

Eko Prasetyo Utomo

Abstract


Gejala memudarnya modal sosial seperti kepercayaan, toleransi, kerjasama, solidaritas, gotong royong, dan musyawarah pada tingkat yang mengkhawatirkan. Tujuan penelitian ini adalah menggali proses dan makna internalisasi nilai karakter gotomg royong dalam pembelajaran IPS. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan obeservasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai karakter gotong royong diinternalisasikan dalam tiga tahap yaitu 1) transformasi; 2) transaksi; dan 3) transisternalisasi nilai. Proses internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS melalui mediator keteladanan guru dan pengalaman belajar secara langsung melalui model pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran. Perilaku berkarakter gotong royong yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah oleh peserta didik yaitu kerjasama, diskusi pemecahan masalah, tolong menolong, anti diskriminasi, dan anti kekerasan. Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS sangat penting dilakukan untuk mambangun modal sosial peserta didik di era globalisasi sekarang ini.

DOI: 10.17977/um022v3i22018p088


Keywords


internalisasi, gotong royong, modal sosial

Full Text:

PDF

References


Asriani, P., Sa’dijah C., Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (11), hlm. 1456-1468.

Creswell, John W. (2013). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, Tadjuddin Noer. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2 (1), hlm. 1-18.

Kemdikbud. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Marzuki. (2016). “Pembinaan Karakter Melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Islam Al Azhar Yogjakarta.” .Jurnal Pendidikan Karakter, VI (2), hlm. 215-231.

Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mutaqin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Soft Skill Mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, IV (2), hlm. 185-199.

Ramdani, Zuhud dan Zamroni. (2014). “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di MTsN Model Selong Lombok Timur”. Jurnal ilmu-ilmu sosial, 11 (1), hlm. 104-117.

Rochaniningsih, N.S., Masruri, M.S. (2015). Penggunaan Metode Jigsaw dengan Bantuan Media untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2 (1), hlm. 42-54.

Setyowati, B.E., Widiyatmoko, A., Sarwi. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kakarkter Peserta didik. Unnes Science Education Journal, 4 (3), hlm. 982-989.

Surbakti, D.A dan Supartono. (2016). Pengembangan Karakter Peserta didik Pada Pembelajaran Kimia Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (2), hlm. 1807-1816.

Utomo, E.P. (2017). Pembelajaran IPS Melalui Model Inkuiri Sosial Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil belajar Kognitif dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pusat Belajar Guru, 3 (2), hlm. 69-74.

Wulandari, V. C. P., Al-Muhdhar, M. H. I., Suhadi. (2016). Pembelajaran Role Playing Dipadu Group Investigation Berbantuan Komik Program KRPL sebagai Upaya untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Sosial. Jurnal Pendidikan, 1 (6), hlm. 1191-1195.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0