Pengaruh kemampuan dasar Matematika terhadap hasil belajar Akuntansi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maliki Malang

Ria Norfika Yuliandari

Abstract


Matakuliah Akuntansi pada program studi pendidikan IPS banyak berkaitan dengan operasi hitung dan simbol matematika. Matematika dibutuhkan dalam akuntansi karena keduanya memiliki kesamaan karakteristik, yaitu sama-sama menekankan penggunaan logika, sama-sama menggunakan simbol, sama-sama memiliki rumus-rumus pasti yang hasilnya tidak bisa diganggu gugat. Karena banyak kesamaan dalam matematika dan akuntansi, sehingga dapat dikatakan pelajaran matematika harus dapat dipahami mahasiswa sebelum mempelajari akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kemampuan dasar matematika mahasiswa terhadap hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh positif signifikan kemampuan dasar matematika terhadap hasil belajar akuntansi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa tidak perlu khawatir jika tidak menyukai matematika, ternyata masih bisa mengikuti mata kuliah akuntansi dengan baik. Karena perhitungan dalam akuntansi adalah perhitungan dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Selain itu, mahasiswa juga harus mengubah gaya belajarnya yang hanya mengandalkan pertemuan kuliah di kelas tanpa persiapan materi sebelumnya.

DOI: 10.17977/um022v4i12019p023


Keywords


kemampuan dasar matematika, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O., 2006. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson & Rising, 1972. Guidelines for Teaching Mathematics. California: Wadsworth Publishing Company.

Kingsley, H., 1957. The nature and condition of learning. New Jersey: Prentice Hall Ings Engliwood Clifts.

Pollatsek, Lima & Well, 1981. Concept or computation: Student‘s understanding of the mean. Educational Studies in Mathematics, 12(2), pp. 191-204.

Samryn, 2011. Pengantar akuntansi mudah membuat jurnal dengan pendekatan siklus transasksi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi. Kajarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N., 2010. Penilaian hasil proses belajar mengajar. XV ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yunker, P. J., Yunker, J. A. & Krull, G. W., 2009. The influence of mathematics ability on performance in principles of accounting. The Accounting Educators’ Journal, Volume 19, pp. 1-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0.