Studi kesesuaian dan strategi pengelolaan ekowisata Pantai Ungapan, Kabupaten Malang untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan

Nailul Insani, Fauzi Ramadhoan A’rachman, Putri Kusuma Sanjiwani, Frisco Imamuddin

Abstract


Salah satu bentuk pemanfaatan sumberdaya pesisir dan laut di Kabupaten Malang berupa pengembangan kawasan wisata pantai. Dalam hal ini bentuk wisata pantai yang dikembangkan adalah kegiatan rekreasi pantai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian wisata rekreasi dan merumuskan strategi pengelolaan kawasan wisata pantai. Penelitian ini dilakukan di Pantai Ungapan di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif denganteknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan rapid integrated survey sumber daya alam wilayah pesisir, observasi dan wawancara. Pengumpulan data sekunder bersumber dari studi pustaka dan dokumen dari instansi terkait. Teknik analisis yang digunakan yaitu perhitungan Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) untuk rekreasi dan metode SOAR. Berdasarkan hasil perhitungan IKW, Pantai Ungapan termasuk kategori sesuai yang dapat dijadikan kawasan ekowisata pantai dengan nilai 93%. Strategi yang dapat diterapkan di Pantai Ungapan yaitu mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dan kerjasama seluruh stakeholders pariwisata untuk mewujudkan pengelolaan pariwisata berkelanjutan. Pembangunan keberlanjutan merupakan upaya terpadu dan terorganisasi untuk mengembangkan kualitas hidup dengan cara mengatur penyediaan, pengembangan, pemanfaatan, dan pemeliharaan sumber daya secara berkelanjutan.

DOI: 10.17977/um022v4i12019p049


Keywords


Pantai Ungapan, Indeks Kesesuaian Wisata, Strategi Pengelolaan Wisata

Full Text:

PDF

References


Adi, Mustafa & Ketjulan, 2013. Kajian potensi kawasan dan kesesuaian ekowisata terumbu karang Pulau Laras untuk pengembangan ekowisata bahari. Jurnal Mina Laut Indonesia, 1(1), pp. 49-60.

Ali, 2004. Pemanfaatan potensi sumberdaya pantai sebagai obyek wisata dan tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi wisata (Studi kasus di kawasan wisata Pantai Kartini Jepara), Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Domo, Zulkarnaini & Yoswati, 2017. Analisis Kesesuaian dan Daya Dukung Kawasan Wisata Pantai (Studi Pantai Indah Sergang Laut di Pulau Singkep). Dinamika Lingkungan, 4(2), pp. 109-116.

Fandeli, 2000. Pengusahaan pariwisata. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hutabarat, et al., 2009. Pengelolaan pesisir dan laut secara terpadu. Bogor: Pusdiklat Kehutanan, SECEM dan Korea International Cooperation Agency.

Kholidiani, S., 2017. Peran Wisata Religi Makam Gus Dur Dalam Membangun Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(1), pp. 41-45.

Purnomo, A., Ruja, I. N. & Irawan, L. Y., 2017. Typology of Tourist Bromo Tengger Semeru National Park as a Basic Planning Integrated Tourism Design. Bandung, IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science.

Purnomo, A., Wiradimadja, A. & Kurniawan, B., 2019. Diversification of tourism product in KSPN Ijen. Jember, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.

Senoaji, G., 2009. Daya Dukung Lingkungan dan Kesesuaian Lahan dalam Pengembangan Pulau Enggano di Bengkulu. Jurnal Bumi Lestari, 9(2), pp. 159-166.

Stavros & Hinrichs, 2009. Thin book of SOAR: building strenghts-based strategy. Bendor: Thin Book Publishers.

Yulianda, 2007. Ekowisata bahari sebagai alternatif pemanfaatan sumberdaya pesisir berbasis konservasi, Bogor: Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0