FUNGSI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) BAGI PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract: The current study was aimed at describing the functions of the Teacher Work Group (TWG) within the perspective of the continuous professionalism development. The study took place in Kras district Kediri Regency and had 17 elementary school teachers as the research subjects. The data was collected by using interview and inductive analysis. The results of the study suggested that TWG was positively responded by the teachers as the means of sharing knowledge and experiences especially those which were related to the improvement of the teaching and learning quality in the classrooms. TWG was an effective vessel in developing the teachers’ continuous professionalism development.
Keywords: teacher work group, professionalism development, elementary schools.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam perspektif pengembangan profesionalisme berkelanjutan. Lokasi Penelitian di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, dengan subjek 17 guru sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan keberadaan KKG direspon positif oleh guru sebagai sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman, khususnya mengenai peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. KKG efektif sebagai wadah pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan.
Kata Kunci: kelompok kerja guru, pengembangan profesi, sekolah dasar.
Full Text:
PDFReferences
Agung, Iskandar dan Yufridawati. 2013. Pembangunan Pola Kerja Harmonis dan Sinergis antara Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Bestari Buana Murni: Jakarta
Baedhowi. 2010. “Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI”. Buletin BSNP Vol. VI/No.3/September 2011. Jakarta: BSNP
Bafadal, Ibrahim. 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar (Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah). Jakarta: Bumi Aksara
Dirjen PMPTK. 2010. Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Menteri (Permen) Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah
Peraturan Menteri (Permen) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan
Permadi, Dadi dan Arifin, Daeng. 2013. Panduan Menjadi Guru Profesional (Reformasi Motivasi dan Sikap Guru dalam Mengajar). Bandung: Nuansa Aulia
Radiana, Usman. 1999. Strategi Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah (Studi Kasus di SMU Korpri IKIP Bandung). Bandung: Sofe file Tesis PPS IKIP Bandung (Tidak Diterbitkan)
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suyanto dan Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi, Erlangga Group.
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.