PENGEMBANGAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN DI KELAS II SD

Rachmawati Patty

Abstract


Abstract: The current study was intended to develop a set of picture word inductive model for vocabulary writing. The development processes included define, design, and develop. The subjects of the study were the second graders of the Inpres (presidential order) Elementary School 26 Batumerah. The data was collected by using observation, questionnaire, and achievement test. The results of the study were in the form of teaching and learning set including teaching and learning plans, students’ book, and students’ worksheet which could fulfill the criteria of valid, effective, and receiving positive response from the teachers.

Keywords: inductive picture words, beginner writing, elementary schools.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat model induktif kata bergambar (Picture Word Inductive Model) pada materi menulis kosa kata. Proses pengembangan ditempuh melalui define, design, dan develop. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Inpres 26 Batumerah. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran, meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, dan lembar kerja siswa yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan respon positif dari guru.

Kata kunci: Induktif kata bergambar, menulis permulaan, SD.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan et al. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: balai Pustaka

Bruce Joyce, dkk, 2011. Models of Teaching edisi bahasa Indonesia diterjemahkan oleh Ahmad Fawaid dan Ateilla Mirza.Yokyakarta, Pustaka pelajar.

Colhoun dkk 2011.Biographical Sketch:Fuller Albright, MD 1900-1969”Clin Orthop Relat Res. Vol.469, no. 8.

Iskandar W, Dadang S, 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mataheru, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Topik Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Hang Tuah Ambon. Laporan Penelitian Mandiri. Lembaga Penelitian Universitas Pattimura Ambon.

Rubin, Dorothy 1993. A Practical Approach to Teaching Reading. London: Allyn and Bacon, Inc.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suharsimi Arikunto. 1993.Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bina Aksara.

Suparno. M. Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyanto.1988. Pedoman Pelaksanaan Penelitian tindakan kelas (PTK).Yokyakarta: Dirjen Dikti Dikbud.

Syukur G. 2010.Pembelajaran Ketrampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Tarigan, H. 1983. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yetti Mulyati dkk. 2007. Ketrampilan Berbahasa indonesia SD: Jakarta: Universitas terbuka.

Yuniawati, R. P. 2011. Model E-Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Matematika di SD Pedesaan. Jurnal Sekolah Dasar. Edisi Tahun 20, No. 1, Mei 2011, ISSN 0854-8285, hal.16-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v24i22015p172-179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats