Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Majalah dan Kahoot dalam Kegiatan Pembelajran Sejarah di SMAN 1 Panggul Kelas XI IPS 1

Gita Lorensia Dannari, Uskuri Lailal Munna

Abstract


Abstrak: permasalahan yang dihadapi Guru Sejarah dari dulu hingga sekarang masih cenderung sama dimana siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar belajar dan cenderung  merasa bosan, hal ini juga terjadi di SMAN 1 panggul. Guru telah menerapkan beberapa metode pembelajaran namun para peserta didik masih bersifat pasif dan selalu mengatuk dikelas.Tim peneliti berusaha memberikan solusi berupa pemanfaatan media majalah dan kahoot  dalam  proses belajar mengajar. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai peran media pembelajaran dalam  proses belajar mengajar, permasalahan pembelajaran sejarah di SMAN 1 Panggul beserta Solusinya.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i22019p153


Keywords


Pembelajaran Sejarah, Media Pembelajaran, Metode Pembelajaran Kontekstual.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, T. A. 2014. Kendala-Kendala Guru dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial di SMA Negeri Kota Semarang, Jurnal Paramita, 24(2), 266-276. Dari https://www.researchgate.net/publication/287140693_KENDALA-KENDALA_GURU_DALAM_PEMBELAJARAN_SEJARAH_KONTROVERSIAL_DI_SMA_NEGERI_KOTA_SEMARANG/link/5671c0a208aeb8b21c6dc6fe/download

Alfian, M. 2011. Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Jurnal Historia Vitae, 3(2).Dari https://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/f1l3/ Jurnal%20Historia%20Vitae /vol24 no1april2010/PARADIGMA%20PEMBELAJARAN%20SEJARAH%20YR%

Hasan, S., H. 2003. Strategi Pembelajaran Sejarah Pada Era Otonomi Daerah Sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah.

Lilia, L & Widodo, A., T. 2014. Implementasi Pembelajaraan Kontekstual Dengan Strategi Percobaan Sederhana Berbasis Alam Lingkungan Siswa Kelas X. Journal unnes.ac.id, 2 (8),1352.Dari:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/4440/3804

Marwoto. 2014. Strategi Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN 10 Pekanbaru. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah Dan Sosial, 5(14),26. Dari https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JSBS/article/view/2822/2763

Megawanti, P. 2015. Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia, Jurnal Formatif, 2(3), 227-234. Dari https://journal.lppmuninddra.ac.id/

Rahmat, P., S. 2009. Penelitian Kulitatif. Equilibrium, 5(9),2¯3. Dari http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Putri, A. R., dan Muzakki, A. M. 2019. Implementasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Base Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, Dari http://pgsd.umk.ac.id/

Santoso, E. 2017. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi pada siswa kelas V SDN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun pelajaran 2014-2015 ). Jurnal Cakrawala Pendas, 1 (3), 20¯22. Dari: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/407/388

Sayono, J. 2013. Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, (1),9. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/sejarah-dan- budaya/article/view/4733/2256

Suprihatin, C., Supurwoko, dan Wahyuningsih, D. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Majalah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Pada Materi Cahaya. Dari http://media.neliticom/

Yunita, R. 2016. Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Sma Negeri 1 Vii Koto Sei. Sarik Kabupaten Padang-Pariaman. Jurnal STKIP PGRI SUMATRA BARAT, 7¯8. Dari http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4462/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v2i2p153-163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats