HUBUNGAN ANTARA PRASANGKA SOSIAL DAN INTENSI MELAKUKAN DISKRIMINASI MAHASISWA ETNIS JAWA TERHADAP MAHASISWA YANG BERASAL DARI NUSA TENGGARA TIMUR

Femita Adelina, Fattah Hanurawan, Indah Yasminum Suhanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara prasangka sosial dan intensi melakukan diskriminasi mahasiswa etnis Jawa terhadap mahasiswa yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Sampel penelitian dipilih dengan purposive sampling. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa prasangka sosial dan intensi melakukan diskriminasi berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara prasangka sosial dan intensi melakukan diskriminasi mahasiswa etnis Jawa terhadap mahasiswa yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Kata Kunci: prasangka sosial, intensi diskriminasi, mahasiswa Jawa.

 


References


Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ajzen, Icek. 1988. Attitudes, Personality, and Behavior. Milton Keyness: Open University Press.

Asbrock, F., Oliver, C., dan Ulrich, W. 2007. The Road to Negative Behavior: Discriminatory Intentions in the German Population. International Journal of Conflict and Violence, (Online), Vol. 1 (1) 2007, pp. 4-18, (www.ijcv. org diakses 30 April 2016).

Brown, Rupert. 2005. Prejudice: Menangani Prasangka dari Perspektif Psikologi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J.P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Diterjemahkan oleh: Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

De Caroli, M. E., Rosella, F., dan Elisabetta, S. 2012. Subtle and Blatant Prejudice toward Chinese People in Italian Adolescents and Young Adult: The Role of “Friendship” and “Outgroup Representation” Procedia Social and Behavioral Science, (Online),(http://www.sciencedirect.com, diakses 15 November 2015).

Hagger, Martin dan Nikos, Chatzisarantis. 2005. The Social Psychology of Exercise and Sport. Berkshire: Open University Press.

Hanurawan, Fattah. 2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hanurawan, Fattah. 2011. Psikologi Sosial Terapan dan Masalah-Masalah Perilaku Sosial. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Mercer, Jenny dan Debbie, Clayton. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Myers, David G. 2012. Psikologi Sosial Edisi 10.Jakarta: Salemba Humanika.

Na’im dan Syaputra. 2011. Kewarganegaraan, Suku, Bangsa, Agama, dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia: Hasil Sensus Penduduk 2010. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Putra, Idhamsyah Eka dan Ardiningtyas, Pitaloka. 2012. Psikologi Prasangka: Sebab, Dampak, dan Solusi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2002. Psikologi Sosial: Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarwono, Sarlito W. dan Eko, A. Meinarno. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Taylor, Shelley E., Letitia, Anne Peplau, dan David, O. Sears. 2012. Psikologi Sosial Edisi KeduaBelas. Jakarta: Kencana Prenada.

Terasntt.com. 2 Maret. 2016. Berpotensi Konflik dengan Masyarakat Malang: Mahasiswa Asal NTT Temui Wawali, (Online), (www. terasntt.com/ berpotensi-konflik-dengan-masyarakat-malang-n-mahasiswa-asal-ntt-temui-wawali/ diakses 19 Mei 2016).

Whitley, Bernard E. Jr dan Mary, E. Kite. 2010. The Psychology of Prejudice and Discrimination, Second Edition. Canada: Nelson Education Ltd.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i12017p1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi






Reference Manager : 

     

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.