PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN TERHADAP PSIKOLOGI PENDIDIKAN HUMANISTIK
Abstract
Tujuan ditulisnya perspektif filsafat pendidikan terhadap psikologi humanistik adalah untuk mendeskripsikan secara kritis perspektif filsafat pendidikan yang ada dalam psikologi pendidikan humanistik. Metode dalam kajian ini adalah penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal yang relevan dengan filsafat, filsafat pendidikan, dan psikologi pendidikan humanistik. Teknik analisis dalam kajian ini adalah analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan filsafat pendidikan psikologi pendidikan humanistik adalah filsafat pendidikan yang memandang pendidikan sebagai proses memanusiakan peserta didik sehingga mampu berkembang dan beraktualisasi diri dengan segenap potensi asli yang ada dalam dirinya.
Kata-kata kunci: filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, humanistik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Barnadib, Imam. 1994. Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode. Yogyakarta: Andi Offset.
Bugenthal, J. 1964. The Third Force in Psychology. Journal of Humanistic Psychology, 4 (1): 19-26.
Hanurawan, F. 2012. Filsafat Ilmu Psikologi. Malang: BKP Universitas Negeri Malang.
Hanurawan, F., Syam, M., & Samawi. 2006. Filsafat Pendidikan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Saifulah, A. 1983. Antara Filsafat dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i12017p31-36
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi
Reference Manager :
Aliansi:
Plagiarism Checker :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.