An Analysis of Moral Values in Kamil Kilani’s “Jelifer Fii Bilaadi Al-‘Amaaliqah” and Its Application in Diraasah Natsriyah

Nadal Badi`, Hanik Mahliatussikah, Ibnu Samsul Huda, Nur Anisah Ridwan

Abstract


This paper aims to (1) investigate moral values in “Jelifer fii bilaadil ’Amaaliqah” and (2) suggest the application of the moral values in the novel to the teaching and learning of dirasah natsriyah.This paper takes a descriptive qualitative approach. Zuchdi’s (1993) content analysis is used for data analysis method. The procedure includes inductive comparison, categorization, tabulation, and making inferences. The data is collected by following Ainin’s (2016) reading and note-taking techniques, which consist of close reading, making manual annotation, describing data, note-taking, and finding linguistic markers reflecting moral values. The result of this paper reveals that the moral values contained in the novel have the following themes: faith in Allah SWT (to have faith, to be grateful, tawakkal, and to pray), positive character traits (curious, responsible, courageous, honest, independent, diligent, wise, disciplined, creative, trustworthy, humble, and indulgent), moral values in social life (caring, communicative, tolerant, polite, democratic, and collaborative). This paper argues that these moral values can be implemented in the lesson plan and syllabus for dirasah natsriyah.

 

Makalah ini bertujuan untuk (1) menyelidiki nilai-nilai moral dalam “Jelifer fii bilaadil 'Amaaliqah” dan (2) menyarankan penerapan nilai-nilai moral dalam novel pada pembelajaran dirasah natsriyah. Makalah ini mengambil pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis konten yang dikembangkan oleh Zuchdi (1993) digunakan untuk metode analisis data. Prosedurnya meliputi perbandingan induktif, kategorisasi, tabulasi, dan membuat kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengikuti teknik membaca dan mencatat yang dikembangkan oleh Ainin (2016), yang terdiri dari bacaan dekat, membuat anotasi manual, mendeskripsikan data, mencatat, dan menemukan penanda linguistik yang mencerminkan nilai-nilai moral. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel memiliki tema-tema sebagai berikut: beriman kepada Allah SWT (beriman, bersyukur, tawakal, dan berdoa), karakter positif (ingin tahu, bertanggung jawab, berani, jujur). , mandiri, rajin, bijaksana, disiplin, kreatif, dapat dipercaya, rendah hati, dan memanjakan), nilai-nilai moral dalam kehidupan sosial (peduli, komunikatif, toleran, sopan, demokratis, dan kolaboratif). Makalah ini berpendapat bahwa nilai-nilai moral tersebut dapat diimplementasikan dalam RPP dan silabus dirasah natsriyah.


Keywords


Morals; Jelifer fii bilaadil ’Amaaliqah; Kamil Kilani; Diraasah Natsriyah

Full Text:

PDF

References


Aini, I. F. N. 2015. Pengaruh Kejujuran Pedagang Muslim Terhadap Penjualan Produk Fashion Di Pasar Baru Wadungasri Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel).

Amirin, I.M. Masyhuri & Hidayat. 2013. Dinamika ketidakpercayaan terhadap politisi: suatu pendekatan psikologi. Jurnal psikologi, 9(1) 25-30.

Azizah, Tauviv I. 2017. Nilai-Nilai Akhlak Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrohman El-Shirazy Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Aqidah Akhlak. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Billah, A. 2016. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Dan Implementasinya Dalam Materi Sains. Salatiga: Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education, 1(2), 243-272..

Dahlan, M. S. 2014. Etika Komunikasi Dalam Al-Qur’an Dan Hadis. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 115-123.

Hardianto, Angga. 2017. Wawasan Al-Qur’an Dan Hadits Tentang Sikap Rasa Ingin Tahu Dan Menghargai Prestasi. Makalah yang dipublikasikan di blog http://angga-hardianto1994.blogspot.com/2017/12/wawasan-al-quran-dan-hadits-tentang.html yang diakses pada 10 Mei 2020.Fananie, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. Padang: Angkasa

Mulyadin. 2017. Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Keberanian Dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Desa Pesa Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. Malang: Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Mursalim, M. 2011. Doa Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Ulum, 11(1), 63-78.

Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Reksiana. 2018. Kerancuan Istilah Karakter, Akhlak, Moral Dan Etika. Yogyakarta: Jurnal Thaqafiyyat vol. 19, No. 1

Riskianto, N. K. 2017. Perbedaan Kebijaksanaan (Wisdom) Pada Peserta Didik Berbeda Suku Bangsa Kelas X Madrasah Aliyah Al Irsyad Tengaran Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Semi, Atar. 1984. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa bandung.

Shihab, M. Q. 2002. Tafsir Al-misbah. Jakarta: lentera hati, 2.

Suyadi, 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syani, A. 2007. Sosiologi Skematika, teori, dan terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuchdi, Darmiyati. 1993. Panduan Penelitian Analisis Konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP UNY

As-Suyuthi, J., & Al-Mahalli, J. 2003. Tafsir Jalalain. Surabaya: Imaratullah.

Al-Asqolani, Ibnu Hajar. 1998. Bulughul Maram. Beirut: Dar Al-Fikr

Al-Munjid, M. S. 2009. As-Syukru. Jeddah: Majmuah Zad

Al-Yaisaburi, Abi Husain Muslim Bin Al-Haj Al Qusyairi. 2011. Shahih Muslim. Lebanon: Darul Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Zuhaily, Wahbah. 1997. Tafsir Al-Wasith. Beirut: Dar Al-Fikr

Al-Qushoyyir, Syeh Abdullah bin Sholih. 2016. Ta’riiful iimaan billah lughotan wastilahan. di kutip dari laman https://www.alukah.net/sharia/0/102420/. Diakses pada 1 April 2020.

Yahya, Yahya Al-Haj. 1993. Al-Qisshoh wa Atsaruha A’lat Thiflil Muslim. Madinah Munawwaroh: Daarul Mujtama.

Tim Penyusun, K. B. B. I. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Departemen Agama, R. I. 2005. Al-Quran Dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um056v4i2p163-181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Nadal Badi`, Hanik Mahliatussikah, Ibnu Samsul Huda, Nur Anisah Ridwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

AL-ARABI is indexed by:

    


Al-Arabi : Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language
Arabic Department, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang (UM), Jalan Semarang 5, Malang 65145.

ISSN : 2541-1500 (media online) - SK no. 0005.25411500/JI.3.1/SK.ISSN/2016.

Creative Commons License
Al-Arabi : Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/.