Development of A Web-Based Crossword Puzzles to Teach Arabic Vocabulary in Islamic Junior High Schools/ تنمية الكلمات المتقاطعة على الإنترنت لتعيلم المفردات في المدرسة الثانوية

M. Adnan Al-Faraid Rahaded, Nurul Murtadho, Mohammad Ahsanuddin

Abstract


The purpose of this research is to design crossword puzzles on the Internet (web) to teach Arabic vocabulary in secondary schools and describe its quality. The researcher used the ADDIE method, which consisted of five stages: analysis, design, development, application, and evaluation. The sample in this study were students of class VII and VIII MTs Mambaul Ulum Pakis. The data in this study consisted of two types: quantitative data and qualitative data, and the collection method was a questionnaire. The results of this study are (1) Arabic vocabulary teaching materials have used crossword puzzles on the Internet (web) which can be opened and used via the URL http://ttsBahasaarab-mkbaum.com/. The material used is taken from the Ihsan Cendekia Learning Module for the 2013 Curriculum (k13), and this book is published with the construction of the 2013 Curriculum and published by Citra Mentari, compilers: Zainal Arifi, S.Pd, Dra. Siti Mardhiyyah, Nanang Sholihudin, S, Ag., the material consists of 330 vocabularies, the development of all vocabularies in the form of crossword puzzles and their introduction on the web. (2) The results of the expert assessment of product suitability obtained 92.8 percent, from education materials experts and 87.5 percent from teaching aids experts, while for the results of field experiments obtained 80.9 percent, meaning that this product is very valid and applicable.

Keywords


Development, Crossword Puzzle, Website, Arabic Vocabulary Teaching

References


Khalilullah, M. 2012. Permainan Teka-teki Silang sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat): Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1

Wasgito, Mohammad Andi & Wayan Setiadarma. 2014. PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG (TTS) DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KALIANGET : Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 2 Nomor 3

Rustaman, N.(2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Thoha, Mohammad. 2012. PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH: OKARA, OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 6, No 1

Iswanto, Rahmat. 2017. Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi: Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, Vol. 1, No. 2,

Dwiningrum, Astuti I.S. 2013. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Yogyakarta: UNY Perss

Emzir. 2013. Metodologi penelitian pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Yamasari , y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Surabaya: Seminar Nasional Pasca Sarjana X ITS

Adnan, Mohammad. 2017. Urgensi Penerapan Metode Paikem Bagi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Volume 3, Nomor 1

Andriani, Anik. 2016. Manajemen Basis Data Pemodelan, Perancangan, dan Penerapan. Yogyakarta: Deepublish.

Andriani, Rori.M. dkk. 2020. Penggunaan Media Pop-Up Book dalam Pembelajaran Tematik-Integratif (Tema Mitigasi Bencana). JOM FKIP – UR Volume 7 Edisi 1

Arikunto, Suharsim. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) (Jakarta: Bumi Aksara,

Arofah, Sufi.J.N & Muhammad Efendi. 2015. Cross-game Puzzle Media for Learning English of Deaf Students (Media Permainan Teka-Teki Silang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tunarungu). Jurnal P3LB, Volume 2 Nomor 1

Astuti, Heni. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Tts Dan Kartu Soal Di Dalam Metode Diskusi Pada Materi Koloid Kelas XI Semester Genap Sma N Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 1

Barokati, N., dan Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Jurnal Sistem Informasi Vol. 4 (5)

Baso, Yusring S, dkk. 2016. Hubungan Penguasaan Mufradat dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa dalam Membaca Teks Asli Bahasa Arab. Jurnal Of Arabic Studies: IMLA

Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers.

Endang Muyatiningsih, 2013. Metode Penelitian Terapan bidang Pendidikan, Bandung: ALFABETA

Fakhrurrozi, Aziz, dkk. 2012. Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (DIRJEN PENDIS) Kementerian Agama.

Handayani, S.P., dan Banbang Eka Purnama. 2013. Pembuatan Website E-Commerce Pada Distro Java Trend. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, II (1), 24-18. Diambil dari: http://www.ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/715/704.

Hasan, Tamam. 1990. Manahij al-Bahst fi al-Lughah. Kairo: Maktabah al-Anjlu al-Mishriyyah.

http://jutisi.maranatha.edu/index.php/jutisi/article/download/374/369.

Iskandar, 2008. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif) (Jakarta: Gaung Persada Press,

Jamilatu, Sufi.N.A dan Mohammad Efendi, 2015. Cross-game Puzzle Media for Learning English of Deaf Students (Media Permainan Teka-Teki Silang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tunarungu). Jurnal P3LB, volume 2 nomor 1

Johan, M. C., Robby Tan, Oscar Imandha, Edie Imandha, dan Tendy Cahyadi. 2015. Analisis dan Perancangan Aplikasi Penyusunan Jadwal Mengajar Sesuai Data Kesediaan Mengajar Dosen (Studi Kasus: Jurusan Teknik Informatika). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, I(2), 141-132.

Julie Medikawati, Membuat Anak Gemar dan Pintar Bahasa Asing, Jakarta: Visimedia. 2012.

Junianto, Erfian, dan Yusa Primaesha. 2015. Perancangan Sistem Tracking Invoice Laboratorium Pada PT Sucufindo (Persero) Bandung. Informatika, II(2), 442-452. Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/download/133/107.

Khalilullah, M. 2012. Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1

Khatimi, Husnul. 2006. Mengenal E-Learning Sebagai Salah Satu Bentuk Kegiatan Pembelajaran. Jurnal INFO TEKNIK Volume 7 No. 2,

Mahirah B. 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah. Vol.1. No.2

Mutholib, Abdul. 2015. Lu’batul Qâmûs: Cara Unik Memperkaya Mufradat. Jurnal Arabia. Vol.7 No. 1

Nugroho, P. A., Trustho Raharjo, dan Daru Wahyuningsih. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, I(1), 11-18. Diambil dari: http://eprints.uns.ac.id/14419/1/1769-3958-1-SM.pdf.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, VIII(1), 19-35. Diambil dari: http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/download/706/570.

Pradiatiningtyas, Diah & Suparwato. 2017. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada SMKN 4 Purworejo. Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 7 No 2

Rahmad, Basuki, dan Bambang Eka Purnama. 2013. Rancangan Pembangunan Web E-Library Pada Perpustakaan APTIKOM Indonesia Berbasis Web. Seminar Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, II(1), 68-60. Diambil dari: http://ejurnal.net/portal/index.php/seruni/article/view/1147/1042.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002

Rivai, D. A., dan Sukadi. 2013. Pembuatan Website Profil Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Ngadirojo. Indonesian Journal of Networking and Security, II(3), 18-14. Diambil dari: http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/242/236.

Riyanto, 2010, Sistem Informasi Penjualan Dengan PHP Dan MySQL , Gava Media, Yogyakarta.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Be.rbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Setiyani, Rediana. 2010. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V (2), 117-133. Diambil dari: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/download/4921/4069.

Siahaan, Daniel. 2012. Analisa Kebutuhan dalam Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi

Silberman, Melvin. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Web. Yogyakarta: Andi

Sovia, ini, dan Jimmy Febio. 2011. Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan HTML, PHP SCRIPT, dan MYSQL Database. Jurnal Processor, VI(2), 54-38. Diambil dari: http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/download/28/27.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukamto, R. A., dan Muhammad Shalahuddin. 2010. Modul Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek dengan Bahasa Pemrograman C++, PHP, dan Java. Bandung: Modula.

Sukamto, R. A., dan Muhammad Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sulfia, Uci & Habibati. 2017. Penerapan Media Teka-Teki Silang Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(1)

Thoha, M. Chabib, Teknik-teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafi ndo, 1990

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena: Yogyakarta.

Kompasiana: https://www.kompasiana.com/altip/5a90a080cbe5237978751a92/teori-kognitif-multimedia-pembelajaran-mayer-dan-moreno-2003#

http://pusdatin.kemdikbud.go.id/

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um056v6i2p134-153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 M. Adnan Al-Faraid Rahaded

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

AL-ARABI is indexed by:

        


Editorial Office:

Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language
Arabic Department, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang (UM)

Jalan Semarang 5, Malang 65145, Indonesia.

Telephone: (0341) 551312 Ext. 239. Fax (0341) 567475.
E-mail: alarabi@um.ac.id


Creative Commons License
Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/