Development of QR Code-Based Arabic Teaching Materials for Oral Skills: A Case Study on Hobby Topics for Grade 1 Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Keywords
References
Amalia, I. R., Khamdun, & Fathurohman, I. (2021). PERAN ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA WONOREJO JEPARA. Jurnal Inovasi Penelitian.
Aswan, A., Imeldawati, A., & Sulistyaningsi, L. S. (2020). Pengembangan Buku Digital Bertema Kebudayaan Indonesia Berbantuan Qr Code Sebagai Media Pembelajaran Lintas Budaya Bipa Tingkat Menengah. Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA).
Blokdyk, G. (2019). Research and Development management A Complete Guide—2019 Edition oleh Gerardus Blokdyk—eBuku | Scribd. https://www.scribd.com/book/402293962/Research-and-Development-management-A-Complete-Guide-2019-Edition
Handayani, I. P., & Irawan, D. (2022). KETERAMPILAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI DALAM PEMBELAJARAN PAI. Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.13038
Harsela, F., & Qalbi, Z. (2021). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD.
Hastari, G. A. W., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2019). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 7.
Ilhami, A. (2022). IMPLIKASI TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 605–619. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6564
Maryatin, M., Rahma, D., & Waskitoningtyas, R. S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan QR Code Kelas XI A3. 1 Di SMA Negeri 4 Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research.
Masturoh, F., & Mahmudi, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(2), 207–232. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.07
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Mulyosari, E. T., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2395–2405. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5037
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22–34.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Okfia, W., & Jaya, I. (2021). Konstruktivis Teori dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Flashcard di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.
Pujawan, I. G. N., Rediani, N. N., Antara, I. G. W. S., Putri, N. N. C. A., & Bayu, G. W. (2022). Revised Bloom Taxonomy-Oriented Learning Activities to Develop Scientific Literacy and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.34628
Rahayu, S. T., Dewi, R., & Sari, I. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pementasan Drama berbantuan QR Code pada Siswa Kelas XI di MA Al-Muhajirin Tugumulyo. Linggau Jurnal Language Education and Literature.
Rarastika, N. (2022). Penggunaan Teknologi QR Code dalam Pembelajaran Tematik: Penelitian Pengembangan Bahan Ajar. Prosiding Pendidikan Dasar.
Riandita, L., Sanjaya, R., Muftachina, N., & Anggraeni, D. (2023). Implementasi Penggunaan QR code Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Salafiyah Pekalongan. Mozaic: Islam Nusantara.
Saefuloh, H., & Aflisia, N. (2022). Konvergensi Separated dan All in One System dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Muqaddas Cirebon. Arabia, 14(1), 17. https://doi.org/10.21043/arabia.v14i1.13581
Sianipar, H. H., Sijabat, O. P., Simanjuntak, M., & Sinaga, B. (2023). Pengembangan Modul Bahan Ajar Berbasis Problem Base Learning Berbantuan Media QR-CODE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 125138 Pematang Siantar. Jurnal Diversita, 9(2), 260–269. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i2.9689
Sobral, S. R. (2021). Bloom’s Taxonomy to Improve Teaching-Learning in Introduction to Programming. International Journal of Information and Education Technology, 11(3), 148–153. https://doi.org/10.18178/ijiet.2021.11.3.1504
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. 3(4).
Widari, N. L. P. E., Astawan, I. G., & Sumantri, M. (2021). Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Mimbar Ilmu, 26(3), 364. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37088
Widyaningsih, N. P. A., & Ganing, I. N. (2021). Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 90. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534
Yamin, M. & Faridah. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251
Yendrita, Y., & Nengsih, S. (2022). Eksplorasi Penggunaan Pendekatan Konstruktivis dalam Proses Perkuliahan. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 5(1), 235–244. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3744
Zulvira, R. & Desyandri. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN STEAM BERBASIS LECTORA DI KELAS III SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1273–1286. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3133
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um056v8i2p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dina Mutiatunnisa, Zulfa Azalia Mujahidah, Imam Asrori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
AL-ARABI is indexed by:
Editorial Office:
Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language
Arabic Department, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang (UM)
Jalan Semarang 5, Malang 65145, Indonesia.
Telephone: (0341) 551312 Ext. 239. Fax (0341) 567475.
E-mail: alarabi@um.ac.id

Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/