Meningkatkan Keterampilan Writing of Narrative Text dengan Menggunakan Teaching Materials

Mardiyah Mardiyah, Mustaji Mustaji, Nurmida Catherine Sitompul

Abstract


Abstrak: Pengajaran menulis Narrative Text untuk siswa SMP tidak mudah karena siswa mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat dan mengekspresikan ide dalam ketrampilan menulis. Tujuan penelitian ini menemukan efektifitas pengembangan buku bahan ajar. Pengembangan bahan ajar menggunakan model Borg and Gall dan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari reviu kelayakan produk pengembangan yaitu ahli materi (isi) bahasa Inggris sebesar 90%, ahli desain pembelajaran sebesar 95%. Uji coba produk menunjukkan bahwa pengembangan buku bahan ajar ini mampu meningkatkan skor hasil belajar sebesar 45% untuk perlakuan kelas eksperimen. Meskipun, kelas kontrol juga mengalami peningkatan sebesar 40%. Uji coba produk kepada siswa dan guru melalui angket mendapatkan respon yang sangat menyenangkan.

Abstract: The teaching of writing Narrative Texts for middle school students is not easy because students have difficulty in composing sentences and expressing ideas in writing skills. The goal of this study is to find the effectiveness of the development of teaching materials. The development of teaching materials is using the Borg and Gall development model and a qualitative descriptive approach. The results of the review of the feasibility of product development as follows the review of English material experts by 90%, review of learning design experts by 95%. The results of this study indicate that the development of teaching materials gives better results than not using teaching materials. There was an increase in the score of learning outcomes by 45%  for the experimental class. Furthemore,The control class also increased by 40%. Product trials for students and teachers through questionnaires received a very good response.


Keywords


Narrative text, writing, teaching materials, Borg and Gall

Full Text:

PDF

References


Harta, k I.(2017) pengembangan prototipe ECG Boiler sebagai Media pembelajaran Prakarya dan kewirausahaan untuk Materi Teknologi Tepat Guna kelas XI MIA SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (2), 178-187

Haryono (2017) Teknologi Pendidikan Abad 21, Banjarmasin: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 15 Juli 2017, hal. 425 – 436

Lanani K (2015) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif ditinjau Dari Peningkatan Kemampuan Penalaran Logis Matematis Siswa, Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 4 (2), 140-151

Margarita . Ld. (2014) . Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA siswa Tunarungu kelas II SDLB. Jurnal P3LB. 1 (2), 137-139

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research an Introduction, Seventh Editions. University of Oregon. United State of America.

Mikrayanti (2016) Meningkatkan kemampuan Penalaran matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Suska journal of Mathematics Education, 2 (2), 97 – 102

Rusnilawati R. (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran matematika Bercirikan Active Knowledge Sharing Dengan Pendekatan Stifikasi kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3 (2), 246 - 258

Suparno, dan Yunus 2011 Keterampilan menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan. H. G. 2008 menulis sebagai satu keterampilan berbahasa. Bandung: Angsara

Wijaya, E. Y., D.A. Sudjimat, A. Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, Malang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matema-tika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, Vol 1 Tahun 2016, hal. 263 – 278.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mardiyah dia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats