KRITERIA PENILAIAN SENAM LANTAI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Fajar Raya Ferdinal Kusuma Bakti, M.E Winarno, Siti Nurrochmah

Abstract


Mengembangkan alat instrumen evaluasi pada proses melalui materi Senam Lantai. Metode yang akan digunakan adalah analisis pengembangan/Research and Development (R&D). Subjek yang diambil pada penelitian ini senam lantai oleh siswa siswi Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Dari kelompok kecil Sebanyak 33 Peserta didik serta 3 orang Guru sebagai Penilai dan kelompok besar sebanyak 64 Peserta didik serta 5 orang Guru sebagai Penilai. Hasil uji validitas instrumen yang dilakukan oleh kelompok kecil dan kelompok besar semuanya menyatakan bahwa instrumen valid. Uji reliabilitas pada Guling depan sebesar r 0,982, Guling belakang r 0,887, Meroda r 0,913, dan Gerakan Sikap Lilin r 0,966. Kesimpulan dari pengembangan instrumen penilaian proses ini pada kategori valid dan reliabel. Produk Instrumen senam lantai yang dikembangkan rata-rata cukup objektif digunakan untuk penilaian proses senam lantai dan dapat digunakan untuk memudahkan guru-guru PJOK dalam menilai proses siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani utamanya pada proses gerakan senam lantai.


Keywords


pendidikan jasmani; penilaian; senam lantai

Full Text:

PDF

References


Aji, B. S., & Winarno, M. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463.

Aka, B. A. (2009). Cerdas dan Bugar dengan Senam Lantai. Grasindo.

Andriyani, F. (2012). Olahraga Menjelaskan Senam Lantai. Pt Balai Pustaka (Persero).

Badan Pusat Kurikulum Dinas Pendidikan Dasar. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Disdik.

Badan Standar nasional pendidikan. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. badan standar nasional pendidikan.

Dahlim, D. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik dan Bimbingan Berkelanjutan. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 98–105.

Dewi, C., Windoro, D., & Pura, D. N. (2021). Management of Physical Education Facilities and Infrastructure. Journal of Education Technology, 5(2), 291–297.

Ega, T. R. (2013). Strategi Pembelajaran pendidikan jasmani. Alfabeta.

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk hasil pembelajaran senam lantai. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137–145.

Helmi, B., Marpaung, H. I., & Aditya, R. (2021). Analisis Gerak Handspring Sebagai Rangkaian Gerak Senam Lantai pada Atlet Putra Persani Medan. JSH: Journal of Sport and Health, 3(1).

Heri, L., Rusilowati, A., & Raharjo, T. J. (2017a). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 19–29.

Heri, L., Rusilowati, A., & Raharjo, T. J. (2017b). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 19–29.

Heynoek, F. P., Kurniawan, R., & Bakti, F. R. F. K. (2020). Motivasi Siswa Perempuan dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Se-Kota Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(2), 9–15.

Hidayat, R. N., & Kaloka, P. T. (2021). Faktor Penghambat Pembelajaran Senam Artistik Peserta Didik Kelas Atas Di SD Negeri Punukan Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani, 1(2), 8–17.

Husdarta, J. S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Huts, K., Van Hoecke, J., De Knop, P., & Theeboom, M. (2009). Preliminary Analysis of the (Process and Product) Quality of Physical Education in Flemish Secondary Schools: Implementation of IKLO. Online Submission, 6(7), 45–60.

Ismaryati. (2006). Tes Pengukuran Olahraga. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Khong, S. W., & Kong, P. W. (2016). A simple and objective method for analyzing a gymnastics skill. Eur J Phys Educ Sport, 12, 46–57.

Komarudin. (2016). Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Remaja Rosdakarya.

Kovač, M. (2012a). Assessment Of Gymnastic Skills At Physical Education-The Case Of Backward Roll. Science of gymnastics journal, 4(3).

Kovač, M. (2012b). Assessment of gymnastic skills at physical education—The case of backward roll. Science of Gymnastics Journal, 4, 25–35.

Kusaeri, K. (2014). Acuan dan teknik penilaian proses dan hasil belajar dalam kurikulum 2013. Ar Ruzz Media.

Lutan, R., Ibrahim, R., Suherman, A., & Saputra, Y. M. (2002). Supervisi Pendidikan Jasmani: Konsep dan Praktik. Departemen Pendidikan Nasional.

Lynch, B. M. (2017). Addressing the Assessment of Professionalism in Physical Education Teacher Education: A Multi-Case Study of Nationally Accredited Programs. University of Northern Colorado.

Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 193–204.

Mahendra, A. (2001). Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar Sebuah Pendekatan Pembinaan Pola Gerak Dominan. Direktorat Jendral Olahraga, Depdiknas.

Mislevy, R. J., & Knowles, K. T. (2002). Performance assessments for adult education. Washington, DC: National Academy Press.

Montosa, I., Vernetta-Santana, M., & López-Bedoya, J. (2018). Assessment of health-related fitness by the ALPHA-fitness test battery in girls and adolescents who practise rhythmic gymnastics. Journal of Human Sport and Exercise., 13(1), 188–204.

Nassib, S. H., Mkaouer, B., Riahi, S. H., Wali, S. M., & Nassib, S. (2020). Prediction of gymnastics physical profile through an international program evaluation in women artistic gymnastics. The Journal of Strength & Conditioning Research, 34(2), 577–586.

Nassr, E. H., & Al-Neaimi, K. G. (2021). The Importance of Sports Infrastructure for Residential Neighbourhoods’ Centres. 754(1), 012010.

Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Masa Pandemi. Jurnal MensSana, 7(1), 31–38.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32. (2013). Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Poerwanti, E. (2010). EvaluasiPembelajaran, Modul Akta Mengajar. UMM Press.

Popham, W. J. (2009). Instruction that measures up: Successful teaching in the age of accountability. Virginia: ASCD.

Puspita, A. M. I. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar tematik berbasis lingkungan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN III Tanggung. Karya Ilmiah Dosen, 3(1).

Rahmadi, R., & Irianto, T. (2020). Instrumen Penilaian Harian Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 25–31.

Sáez, I., Solabarrieta, J., & Rubio, I. (2021). Motivation for physical activity in university students and its relation with gender, amount of activities, and sport satisfaction. Sustainability, 13(6), 3183.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, Dan Psikomotor Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Trigangga, I. (2020a). Analisis Model Penilaian Senam Lantai Pada Mata Pelajaran Penjas Kelas IV Di SDN Cinanggung. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Trigangga, I. (2020b). Analisis Model Penilaian Senam Lantai pada Mata Pelajaran Penjas Kelas IV Di SDN Cinanggung.

Wilson, O. W., Bopp, C. M., Papalia, Z., Duffey, M., & Bopp, M. (2022). Freshman physical activity constraints are related to the current health behaviors and outcomes of college upperclassmen. Journal of American College Health, 70(4), 1112–1118.

Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang. Malang: UM Press.

Ylenia, G., Salvatore, N., Riccardo, I., & Gaetano, R. (2013). Assessment of aerobic gymnastics by video analysis. ASSESSMENT, 13(2), 205–210.

Zhang, L., Huang, W., Jia, X., Fan, X., Fan, X., Gong, L., Tao, W., & Mao, S. (2022). Wi-Gym: Gymnastics Activity Assessment Using Commodity Wi-Fi. IEEE Internet of Things Journal.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i2p116-126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats