PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASA INOVATIF BERBASIS GREEN LABYRINTH UNTUK SMA

Johnsen Harta, Stella Afrilita Limbong, Ester Elinawati Waruwu

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu bagian yang esensial dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Kebermaknaan suatu pembelajaran dapat ditingkatkan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Selama ini, pembelajaran eksperimen asam basa di SMA selalu identik dengan reagen kimia dan kurang meminimalisir limbah, sehingga perlu terobosan produk berupa media pembelajaran berbasis Green Labyrinth dari limbah sayur dan buah lokal yang sangat potensial dan eco-friendly. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, menganalisis kualitas, dan menyelidiki efektivitas penggunaan produk untuk SMA. Pengembangan produk mengacu pada model pengembangan 4-D yang dimodifikasi dengan menganalisis kebutuhan media pembelajaran asam basa di kelas XI SMA, merancang konsep dan penggunaan media, mengembangkan media, melakukan validasi dan penilaian dari ahli, guru kimia, dan peer reviewer, dan uji coba skala kecil dengan mahasiswa dan siswa SMA. Data kuantitatif dan kualitatif dianalisis dengan model Rasch dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata koefisien validitas 0,85, reliabel dengan nilai Cronbach Alpha 0,78, respon sangat baik dari mahasiswa dan siswa SMA terhadap produk, efektif, dan praktis sebagai media pembelajaran dan permainan edukatif untuk SMA. 


Keywords


media pembelajaran; asam basa; inovatif; green labyrinth

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um026v5i12020p017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Johnsen Harta, Stella Afrilita Limbong, Ester Elinawati Waruwu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia)
Issued by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.

INDEXING:

                

Flag Counter 

<

View My Stats

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License