Pengembangan e-modul matematika berbasis pendekatan kontekstual berorientasi pada kemampuan numerasi siswa SMP

Mujiyem Sapti, Erni Puji Astuti, Rizky Komariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan modul e-matematika berbasis pendekatan kontekstual berorientasi pada keterampilan numerasi siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Research And Development (R&D). Model yang digunakan adalah model ADDIE. Ada 5 tahapan model ADDIE, yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian e-modul matematika berbasis pendekatan kontekstual dikatakan valid berdasarkan skor rata-rata penilaian ahli media dan ahli materi sebesar 3,31. Memenuhi kriteria kepraktisan diperoleh dari hasil rata-rata penilaian angket respon siswa dan guru sebesar 3,72 dengan persentase 92,66 dengan kriteria sangat praktis.


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad Ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 905-910).

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khabibah. (2006). Pengembangan Model pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Disertasi. Tidak dipubliksikan. Doktoral Universitas Negeri Surabaya.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing.

Puslitjak, Inovasi, Unicef, Foundation, T., & save the children. (2020). Monitoring program kurikulum darurat dan modul belajar literasi dan numerasi (hasil survei guru). https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1- gtk/materi/1_Materi_Paparan_Meni_Handayani_10112020_Versi_2 diakses pada tanggal 10 Mareti 2022).

Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Banda Aceh : Syiah Kuala University.

Restina, R., Asmara, D. N., & Husni, R. (2021). Pengembangan E-Module Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 14 Koto Baru. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 319-331.

Sanvi, A. H., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi pada Materi Matriks Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129-145.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TIMSS. (2019). International Results in Mathematics and Science. (n.d.). https://timssandpirls.bc.edu/timss2019/ (diakses pada tanggal 13 Februari 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i22023p86-92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 RIZKY KOMARIAH, Mujiyem Sapti, Erni Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats