Analisis bibliometrik: Tren penelitian pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis di Indonesia (2019-2023)

Nisa Muntakhibah, Iqbal Ramadani

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif matematis didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyelesaikan masalah matematika dengan berbagai cara yang berbeda. Antara tahun 2019 dan 2023, tren penelitian pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah tujuan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif bibliografi.. Data diambil dari database Google Scholar melalui aplikasi PoP. Data yang memenuhi kriteria inklusi, kemudian dianalisis. Hasil survei menunjukkan bahwa jumlah publikasi terbanyak pada tahun 2023 sebanyak 25 publikasi. Jurnal MathEdu memiliki jumlah dokumen terbanyak, dengan enam dokumen.. Artikel dengan jumlah sitasi terbanyak adalah karya Putri dkk. (2019), dengan total 69 kutipan. Dalam bidang penelitian ini, beberapa penulis bekerja sama, dengan Rika Wahyuni yang paling berpengaruh.. Ada juga hubungan antara konsep-konsep ilmiah. Pembelajaran berbasis masalah merupakan fokus penelitian pembelajaran dan aspek terpenting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Keywords


bibliometrik; kemampuan berpikir kreatif matematis; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review : pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236–248.

Choifah, Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic Literature Review: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3158–3166. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1057

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585

Dewi, P. S., Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Prima, E. C. (2021). Web-Based Inquiry in Science Learning: Bibliometric Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 191–203. https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i2.9576

Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070

Fitriyah, Y., & Dasari, D. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2012-2023). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 469–481. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3914

Kurniawati, L., Kadir, K., & Octafiani, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Experiential Learning. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 1(2), 86–102. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14071

Mariani, M. M., Perez-Vega, R., & Wirtz, J. (2022). AI in marketing, consumer research, and psychology: A systematic literature review and research agenda. Psychology and Marketing, 39(4), 755–776. https://doi.org/10.1002/mar.21619

Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. D. M., & Turmudi. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2012-2023). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267–279. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085

Nurhalisah, Paida, A., & Rahmatiah. (2022). Implementasi Pembelajaran Critical, Communication, Collaboration And Creativity (4c) oleh Guru Bahasa Indonesia di SMPN 10 Barru. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 170–178. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.257

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7208

Priyono, & Sinurat, J. Y. (2020). Communication Dan Collaboration Sebagai Implementasi 4 C Dalam Kurikulum 2013 Di Pondok Pesantren El Alamia Bogor. Research and Development Journal of Education, 6(2), 83–89. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6228

Rahayuningsih, S., Nusantara, T., As, A., & Susanto, H. (2019). Cognitive Styles: Characterization of College Students’ Creative Mathematical Thinking. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education (IJHSSE), 6(3), 50–60. https://doi.org/10.20431/2349-0381.0603007

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Pusat. Jakarta. https://peraturan.go.id/id/uu-no-20-tahun-2003

Supinah, R., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Tren Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 276–290

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan open-ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/5328/2997

Widiastuti, A., & Indriana, A. F. (2019). Analisis Penerapan Pendekatan STEM untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Peluang. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 403–416. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5895




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v8i22024p123-131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nisa Muntakhibah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats