Analisis bibliometrik: Tren penelitian pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis di Indonesia (2019-2023)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review : pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236–248.
Choifah, Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic Literature Review: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3158–3166. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1057
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585
Dewi, P. S., Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Prima, E. C. (2021). Web-Based Inquiry in Science Learning: Bibliometric Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 191–203. https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i2.9576
Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070
Fitriyah, Y., & Dasari, D. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2012-2023). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 469–481. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3914
Kurniawati, L., Kadir, K., & Octafiani, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Experiential Learning. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 1(2), 86–102. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14071
Mariani, M. M., Perez-Vega, R., & Wirtz, J. (2022). AI in marketing, consumer research, and psychology: A systematic literature review and research agenda. Psychology and Marketing, 39(4), 755–776. https://doi.org/10.1002/mar.21619
Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. D. M., & Turmudi. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2012-2023). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267–279. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085
Nurhalisah, Paida, A., & Rahmatiah. (2022). Implementasi Pembelajaran Critical, Communication, Collaboration And Creativity (4c) oleh Guru Bahasa Indonesia di SMPN 10 Barru. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 170–178. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.257
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7208
Priyono, & Sinurat, J. Y. (2020). Communication Dan Collaboration Sebagai Implementasi 4 C Dalam Kurikulum 2013 Di Pondok Pesantren El Alamia Bogor. Research and Development Journal of Education, 6(2), 83–89. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6228
Rahayuningsih, S., Nusantara, T., As, A., & Susanto, H. (2019). Cognitive Styles: Characterization of College Students’ Creative Mathematical Thinking. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education (IJHSSE), 6(3), 50–60. https://doi.org/10.20431/2349-0381.0603007
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Pusat. Jakarta. https://peraturan.go.id/id/uu-no-20-tahun-2003
Supinah, R., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Tren Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 276–290
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan open-ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/5328/2997
Widiastuti, A., & Indriana, A. F. (2019). Analisis Penerapan Pendekatan STEM untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Peluang. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 403–416. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5895
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v8i22024p123-131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nisa Muntakhibah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:

Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License