Pengembangan Pembelajaran Inkuiri untuk Menumbuhkan Berpikir Kreatif Matematis

Erry Hidayanto, Puguh Darmawan, Dwi Sulistyorini, Kartika Ayu Dwi Arini, Riska Nur Rohmah, Muhamad Farid Assegaff, Risa Dewi Munika

Abstract


Pembelajaran inkuiri penting pada pelajaran matematika, terutama untuk membentuk dan memperkuat konsep matematika serta prosedur pemecahan masalah. Peserta didik perlu didorong untuk menemukan sendiri konsep, pola, dan prosedur dasar dalam konsep matematika. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase yaitu: investigasi awal (prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan implementasi (implementation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini: modul ajar, lembar observasi, lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar tes, lembar angket, dan lembar validasi. Subjek uji coba pelaksanaan model pembelajaran inkuiri ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Blitar Jawa Timur. Pengambilan data dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis penalaran dasar untuk menumbuhkembangkan berpikir kreatif matematis siswa ini valid, praktis, dan efektif. Dengan hasil tersebut model inkuiri direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk menumbuhkembangkan berpikir kreatif matematis.

Keywords


learning, inquiry, mathematical creative thinking

Full Text:

PDF

References


Baran, G., Erdogan, S., & Çakmak, A. (2011). A Study on the Relationship between Six-Year-Old Children’s Creativity and Mathematical Ability. In International Education Studies (Vol. 4, Issue 1). www.ccsenet.org/ies

Bishop, J. P., Lamb, L. L., Philipp, R. A., Whitacre, I., Schappelle, B. P., & Lewis, M. L. (2014). Obstacles and Affordances for Integer Reasoning: An Analysis of Children’s Thinking and the History of Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 45(1), 19–61.

Darwanto. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (Pengertian dan Indikatornya). Jurnal Eksponen, 9(2), 20–29.

Firdaus, A. A., Asikin, M., & Agoestanto, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Learning Cycle 5E Ditinjau dari Metakognisi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 382–398.

Gurat, M. G. (2018). Mathematical problem-solving strategies among student teachers. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 11(3), 53–64. https://doi.org/10.7160/eriesj.2018.110302

Hasanah, E. N., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV). MAJU, 8(1), 313–317.

Kurniawati, I. D., Wartono, & Diantoro, M. (2014). The Effect of Peer Instruction Integrated Guided Inquiry Learning on Concepts Acquisition and Critical Thinking of Students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 36–46. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049

Kusnaeni, Pasaribu, M., & Werdhiana, I. K. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Kelas X dengan Model Plomp di SMA Negeri 5 Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 5(1), 77–83.

Langgeng, Sajidan, & Prayitno, B. A. (2017). Pengembangan dan Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Kolaboratif dengan Memanfaatkan Potensi Lokal pada Materi Tumbuhan Lumut dan Paku. JURNAL INKUIRI, 6(1), 1–12.

Mandasari, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Problem Based Learning Menggunakan Software Autograph. Jurnal As-Salam, 1(1), 143–152.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Inc. 1906 Association Drive.

Prabowo, C. A., Ibrohim, & Saptasari, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1090–1097.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. JURNAL KREANO, 3(1), 59–72.

Setiawan, M. F., Lambertus, & Makkulau. (2019). Penerapan Pendekatan Open-ended Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13–24.

Subanji, R., & Supratman, A. M. (2015). The Pseudo-Covariational Reasoning Thought Processes in Constructing Graph Function of Reversible Event Dynamics Based on Assimilation and Accommodation Frameworks. Research in Mathematical Education, 19(1), 61–79. https://doi.org/10.7468/jksmed.2015.19.1.61

Suhartono. (2013). Development Of Inquiry-Based Lesson Plans with Science Process Skills Application in Physics Learning. EduSains, 1(2), 1–11.

Syukur, S. D., Bey, A., & Prajono, R. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Bombana (The Effect Of Application Of Socrates Learning Methods On Student Creative Thinking Ability Class VIII Mts Negeri 2 Bombana). In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 10, Issue 2).

Syukur, S. D., Kadir, A. B., & Prajono, R. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Bombana (The Effect Of Application Of Socrates Learning Methods On Student Creative Thinking Ability Class VIII Mts Negeri 2 Bombana). In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 10, Issue 2).

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., Syafruddin, A. B., & Ilviana. (2024). The Use Of Instagram Media Is Integrated With The Inquiry Learning Model To Improve Critical Thinking Skills And Student Learning Motivation In The Matter Of Reaction Rates. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(2), 146–151. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.02.18

Yofamella, D., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(8), 159–172. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v8i22024p116-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erry Hidayanto, Puguh Darmawan, Dwi Sulistyorini, Kartika Ayu Dwi Arini, Riska Nur Rohmah, Muhamad Farid Assegaff, Risa Dewi Munika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats