Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Melalui E-Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran melalui e-learning yang memudahkan siswa kelas x di SMAN 1 Pagelaran dalam memahami konsep algoritma dan pemrograman yang selama ini menjadi masalah bagi siswa karena metode pembelajaran yang belum tepat dan belum memanfaatkan sumber belajar yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada 6 tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk. Pada uji validasi ahli media mendapat nilai rata-rata 3,46 dengan keterangan media layak, dan pada hasil pengujian oleh ahli materi rata-rata 3,58 dikatakan bahwa materi layak untuk digunakan, pada uji kemenarikan elearning yang dilakukan kepada 10 responden terdiri dari siswa dan guru mendapat nilai rata-rata 88% menunjukkan klasifikasi bahwa media e-learning sangat menarik digunakan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajatan informatika pada materi algoritma dan pemrograman.
Abstract: The purpose of this research is to develop learning media through e-learning that makes it easy for students of class X at SMAN 1 Pagelaran to understand the concepts of algorithms and programming that have been a problem for students because of the learning methods that are not appropriate and do not utilize existing learning resources. The method used in this development is Research and Development (R&D) developed by Sugiyono, this research only reached 6 stages: potential and problems, data collection, product design, design validation, design improvement, product trials. In the media expert validation test the average value of 3.46 with media information is appropriate to use, and the results of testing by material experts on average 3.58 said that the material is suitable for use in the product interesting test conducted on 10 respondents consisting of students and teachers got an average value of 88% shows the classification e-learning media is very interesting to be used to improve students' creative thinking on informatics subjects on algorithmic and programming.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aitha, D. P. S. A. & S. (2016). Impact of Corporatization on Higher Education. International Journal of Engineering Research and Modern Education (IJERME), 7(1), 2455–4200. https://doi.org/10.7828/ljher.v7i1.24
Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).
Akbar (2013). Instrumen Perangkat pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594.
Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 74-87.
Clark, Ruth., E.Mayer, Richard. (2008). E-Learning – second edition. New York : Pfeiffer
Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C.,(2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132-135.
Dalu, Z. C. A., & Rohman, M. (2019). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital bagi Siswa SMK. Jupiter, 04(1), 25–33.
Degeng. (1989). Ilmu Pengajaran : Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
El-Seoud, M. S. A., Ghenghesh, P., Seddiek, N., Nosseir, A., Taj-Eddin, I. A., & El-Khouly, M. M. (2013, September). E-Learning and motivation effects on Egyptian higher education. In 2013 international conference on Interactive Collaborative Learning (ICL) (pp. 689-695). IEEE.
Erma Susanti, M. S. (2008). Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform. Jurnal Teknologi, 1(1), 53–57.
Gaffari A. 2009. Implementasi Sistem 3D Berbasis Program Alice Untuk Aplikasi Edutainment.
Goyal, S. (2012). E-Learning: Future of Education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(4), 239. https://doi.org/10.11591/edulearn.v6i4.168
Hadjerrouit, S. (2007). A blended learning model in java programming: A design-based research approach. In Proc. Comput. Sci. IT Educ. Conf (pp. 283-308).
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Kashefi, H., Ismail, Z., & Yusof, Y. M. (2012). Supporting engineering students’ thinking and creative problem solving through blended learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 56, 117-125.
Kim Kyong-Jee and W. Frick Theodore, (2011), Changes in Student Motivation during Online Learning, Journal of Educational Computing Research, Vol 44, Page(s) 1 – 23
Kristanti YD, Subiki, Handayani RD. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning Model ) Pada Pembelajaran. J. Pembelajaran Fis. 5: 122–128.
Kumar Basak, S., Wotto, M., & Bélanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis. E-Learning and Digital Media, 15(4), 191–216. https://doi.org/10.1177/2042753018785180
Maulana, G. G. (2017). Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web. Jurnal Teknik Mesin, 6(2), 8. https://doi.org/10.22441/jtm.v6i2.1183
Miarso, Y., (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan, Kencana.
Muntoha, M., Akhlis, I., & Subali, B. (2010). Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web (Web Based Learning Assessment System). Pertemuan Ilmiah XXIV, (April), 195–199.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang KI KD mata pelajaran informatika Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Prasistayanti, N., Santyasa, I., & Sukra Warpala, I. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Pada Siswa Smk. Kwangsan: JurnalTeknologi Pendidikan, 7(2), 138--155. doi:https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138—155
Retnoningsih, E., Shadiq, J., & Oscar, D. (2017). Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) Berbasis Project Based Learning. Informatics for Educators and Professionals, 2(1), 95 – 104–195 – 104. http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/668
Rosenberg, Marc. J. (2001). E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies
Safitri, A. D., & Suparwoto. (2018). Enhancing senior high school students’ creative thinking skills using project based e-learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012030
Somayeh, M., Dehghani, M., Mozaffari, F., Ghasemnegad, S. M., Hakimi, H., & Samaneh, B. (2016). The effectiveness of E-learning in learning: A review of the literature. International Journal of Medical Research & Health Sciences, 5(2), 86-91.
Songkram, N. (2015). E-learning System in Virtual Learning Environment to Develop Creative Thinking for Learners in Higher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 674–679. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.600
Suharyanto, & Mailangkay, adele B. L. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3, 17–21. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.
Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika, 13(1), 1–5.2016.02.001
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tavangarian, D., Leypold, M., Nölting, K., Röser, M., & Voigt, D. (2004). Is e-Learning the Solution for Individual Learning?. Electronic Journal of E-Learning, 2(2), 273–280. https://eric.ed.gov/?id=EJ1099252
Thanji, M., & Vasantha, S. (2018). A Study of benefits and limitations of e-learning - A learner’s perspective. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 118(5), 175–184. https://acadpubl.eu/jsi/2018-118-5/articles/5/13.pdf
Tigowati Tigowati, Agus Efendi, C. W. B. (2017). Indonesian J ournal of I nformatics E ducation The Influence of the Use of E-learning to Student Cognitive Performance and Motivation in Digital Simulation Course. 1(2), 41–48. http://dx.doi.org/10.20961/ijie.v1i2.12812
Valencia-Vallejo, N., López-Vargas, O., & Sanabria-Rodríguez, L. (2018). Effect of Motivational Scaffolding on E-Learning Environments: Self-Efficacy, Learning Achievement, and Cognitive Style. Journal of Educators Online, 15(1), n1.
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18.
Waty, N. L., Sumarmi, S., & Susilo, S. (2018). Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi melalui Model Blended Learning di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 9-14.
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454
Wijaya, Muksin (2011) Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Dengan Prinsip e-PEDAGOGY dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Yunis, R., & Telaumbanua, K. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(1), 32-36.
Zare, M., Sarikhani, R., Salari, M., & Mansouri, V. (2016). The impact of E-learning on university students’ academic achievement and creativity. Journal of Technical Education and Training, 8(1), 25–33.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i32020p330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rohimah Rohimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)