Pengembangan Aplikasi Mobile “Examination Of Sharia” (Exshar) Sebagai Media Evaluasi Layanan Lembaga Keuangan Syariah

Novedi Risanti Langgi, Luqman Hakim

Abstract


Abstrak: Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di sekolah saat ini masih berpaku pada cara-cara konvensional yang tidak lagi relevan terhadap perkembangan zaman. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan pengembangan media evaluasi Examination of Sharia (Exshar). Prosedur penelitian yang diterapkan mengadopsi model pengembangan milik Thiagarajan, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate (4D). Uji coba dilaksanakan secara terbatas. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian ini berupa produk aplikasi mobile berbasis offline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Exshar layak digunakan sebagai media evaluasi mata pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Aplikasi ini membantu tenaga pendidik melaksanakan evaluasi berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), memudahkan pengoreksian jawaban, dan mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam penskoran. Bagi siswa, aplikasi ini memudahkan dan meningkatkan antusias dalam mengerjakan soal.

Abstract: The evaluation of learning carried out in schools is still adhering to conventional methods that are no longer relevant to the times. This study emphasizes to describe the development of the Sharia Exam evaluation media. The research procedure applied by Thiagarajan's development model, namely Define, Design, Develop, and Disseminate (4D). The trial was carried out on a limited basis. The data instruments include study sheets, validation sheets, and student response questionnaires. The data obtained were analyzed using quantitative descriptive analysis. The final result of this research is an offline based mobile application product. The results showed that the Exshar application was feasible to use as a medium for evaluating Islamic Financial Institution Services subjects. This application helps educators carry out Higher Order Thinking Skills (HOTS) based evaluations, makes it easy to correct answers, and anticipates errors in scoring. For students, this application makes it easy and increases enthusiasm in doing questions.


Keywords


Media Evaluasi, Aplikasi Mobile, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. P., & Saino. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Software Contruct 2 pada Kompetensi Dasar Menganalisis Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 7(3).

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (19th ed.). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ayuningtyas, D., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2018). Aplikasi Web Evaluasi Proses Pembelajaran dengan Pendekatan Assessmen As Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1).

Badi’ah, N. ‘Ainul. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Web Offline (Pada Pokok Bahasan Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan) Berdasarkan SKL 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Imami Kepanjen Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Carolina, E. S. (2017). Are Islamic Boarding Schools Ready The Use of the Computer-Based Test in the National Exam Policy for English Subject. Journal of Islamic Education, 22.

Dewi, C. K., Rakhmawati, R., & Mujib, M. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2).

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Elmahdi, I., Al-Hattami, A., & Fawzi, H. (2018). Using Technology for Formative Assessment to Improve Students Learning. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17.

Gunawan, D., Sutrisno, & Muslim. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11.

Hakim, L. N., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3).

Hidayatno, A., Destyanto, A. R., & Hulu, C. A. (2019). Industry 4.0 Technology Implementation Impact to Industrial Sustainable Energy in Indonesia: A Model Conceptualization. Energy Procedia, 156.

Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2).

Iqbal, W. M. G. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas XI Di SMA Koperasi Pontianak. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Jermsittiparsert, K., & Sriyakul, T. (2020). Determinants of Quality Education in Asian Countries Impact of Social Globalization, Happiness and Research and Development. Journal of Security And Sustainability Issues, 9.

Kumar, B. A., & Mohite, P. (2018). Usability of Mobile Learning Applications: A Systematic Literature Review. Journal Computer Education, 5.

Kunda, D., & Chishimba, M. (2018). A Survey of Android Mobile Phone Authentication Schemes. Mobile Networks and Applications Journal.

Mitra, P., & Srivastava, G. (2020). Enterprise Applications Reimagined-Cloud abridges mistery of Mobile Offline Working. Procedia Computer Science, 171.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1.

Pamungkas, N. T. S., & Hakim, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Computer Based Test (CBT) pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(1).

Pratama, F. D. (2019). Aplikasi Ulangan Harian Online Menggunakan Metode Linear Congruential Generator Berbasis Website. Universitas Teknologi Yogyakarta.

Pratiwi, V., & Susanti. (2016). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wondershare Quiz Creator pada Materi Penyusutan Aset Tetap. Jurnal Pendidikan, 4(1).

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMAN 1 Prambanan. Istoria Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 4(1).

Putri, Y. D., & Dwijayanti, R. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Berbantuan Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas XI BDP di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1).

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, Saputra, S. H., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rihtarsic, D., & Avsec, S. (2019). Mobile Technology in A Strategy to Enchance Entrepreneural Learning: A Dreamy M-Learning Erasmus + Project Case Study. World Transactions on Engineering and Technology Education Journal, 7.

Rolisca, R. U. C., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XII(1), 41–48.

Setiawan, V., & Kusumawijaya, R. I. (2019). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Android di Kelas X SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Istoria Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 15(1).

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37.

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017, September). Developing adaptive mobile learning with the principle of coherence Mayer on biology subjects of high school to support the open and distance education. In 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017) (pp. 184-190). Atlantis Press.

Wongso, V. O. H. (2018). Pengenalan Mobile. Retrieved October 26, 2020, from Binus University School of Information Systems website: https://sis.binus.ac.id/2018/02/13/pengenalan-mobile/

Yani, A. (2019). Cara Mudah Menulis Soal HOTS (1st ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Yasa, A. D., Suastika, K., & Zubaidah, R. S. A. N. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1).

Yuawanto, L. (2016). Tinjauan Psikologis Kemanfaatan Sistem Operasi Android. Retrieved October 26, 2020, from UBAYA Universitas Surabaya website: http://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles_detail/204/Psychological-Benefit-Overview-of-Android-Operating-System.html

Zein, S., Salleh, N., & Grundy, J. (2016). A Systematic Mapping Study of Mobile Application Terting Technique. Journal of System and Software, 117.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novedi Risanti Langgi, Luqman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats