Motivasi Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Online
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar dan mengetahui faktor motivasi belajar dalam pembelajaran online mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Motivasi belajar merupakan sebuah penggerak dalam diri peserta didik untuk melakukan pembelajaran sehingga mencapai tujuannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan kuesioner berbentuk pernyataan dengan menggunakan skala likert, yang kemudian dianalisis menggunakan persentase, dari hasil akhir analisis kemudian dideskripsikan. Subjek penelitian ini adalah semua mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2017 yang telah mengikuti pembelajaran online. Pada hasil penelitian motivasi belajar dalam pembelajaran online berada pada kategori positif, sedangkan untuk hasil penelitian faktor motivasi belajar dalam pembelajaran online berada pada kategori positif, tidak semua mahasiswa memiliki motivasi belajar yang baik. Oleh karena itu, motivasi belajar mahasiswa dapat ditingkatkan kembali dengan mengatasi beberapa faktor pemghambat motivasi belajar supaya motivasi belajarnya meningkat sehingga tujuan belajarnya tercapai.
Full Text:
PDFReferences
Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110.
Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. Retrieved from : https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109
Anggraini, I, S.. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang Berpengaru : Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran. Premier Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(2), 100–109.
Athoillah, M. B. (2019). Pengaruh Social Learning Network Terhadap Motivasi dan Hail Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Penbelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajarang, 5(1), 24–30.
Devica, S. (2015). Pengaruh Harga Diskon Dan Persepsi Produk Terhadap Nilai Belanja Serta Perilaku Pembelian Konsumen. Jurnal Bisnis Perspektif, 7(9), 27–44.
Dolet Unaradjan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Universitas Atma Jaya.
Djuniadi, D. (2013). Fitur motivasi pembelajran online dengan pendekatan pre-defined set. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 41–52. Retrieved from : https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1015
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas PGRI palembang., 2, 999–1015.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. Retrieved from : https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. Retrieved from : https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Laely, N. (2020). Penerapan Model Belajar Cooperative Snowball Throwing dalam Pembelajaran Tematik Kelas 1. Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak 5 (2), 258-168.
Nisa, L,, C. (2012). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata kuliah Statistics Prodi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. Jurnal Phenomenon, 2, 7–27. Retrieved from : https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/416
Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. (Jurnal Ummul Qura, 6(2), 20–35. Retrieved from : http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531
Putri, M. Y. E., & Nurhuda, N. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI. PEKA, 5(1), 30–42.
Rahmawati, V. E., & Hastuti, I. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa D-III Kebidanan Semester III di Stikes Yogyakarta. Jurnal EDUMidwifery, 1(2), 96-102.
Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Profit, 4(2), 203–213.
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Banten : Universitas Terbuka.
Sabar, K., & Rahman, A. (2011). Penggunaan Web (E-Learning ) Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di Briton International English School Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 1(4), 444–456. Retrieved from : http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/viewFile/324/183
Sabrina, R., Fauzi, & Yamin. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 108–118.
Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Setyosari, P. (2007). Pembelajaran Sistem Online : Tantangan dan Rangsangan. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(2). Retrieved from : https://media.neliti.com/media/publications/220215-pembelajaran-sistem-online-tantangan-dan.pdf
Sinaga, E. P. (2019). Blended Learning : Transisi Pembelajaran Konvensional Menuju Online. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universistas Negeri Medan 3, 855–860.
Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alpabeta.
Sulisworo, D., & Agustin, S. P. (2017). Dampak Pembelajaran E-learning Terhadap Mptivasi Pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika Pembelajaran dan Aplikasi, 9(1).
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. Retrieved from : https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Uno, H, B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. Retrieved from : https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i12021p090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nala Nafilata Fadilah, Punaji Setyosari, Susilaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)