Pengembangan Infografis Melalui Instagram Sebagai Penguatan Pemahaman Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia

Alvionita Citra Dewi, Eka Pramono Adi, Zainul Abidin

Abstract


Abstrak: Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran infografis melalui Instagram yang layak digunakan siswa untuk kegiatan belajar mandiri. Penelitian ini berfokus untuk menghasilkan media infografis melalui Instagram untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Prosedur pengembangan infografis melalui Instagram ini megadopsi model Sadiman. Validasi produk dilakukan pada ahli media dan ahli materi. Kemudian untuk sasaran uji coba media infografis melalui Instagram yaitu siswa kelas VIII A Mts Raudlatul Ulum Karangploaso. Berdasarkan uji coba yag telah dlakukan dapat disimpukan bahwa media infografis melalui Instagram termasuk dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu hasil tes belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar.


Keywords


Infografis; Instagram; Penguatan Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Alfawareh, H. M., & Jusoh, S. (2017). The use and effects of smartphones in higher education. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 11(6), 103-111.

Alrwele, N. S. (2017). Effects of infographics on student achievement and students’ perceptions of the impacts of infographics. Journal of Education and Human Development, 6(3), 104-117.

Arigia, M. B., Damayanti, T., & Sani, A. (2017). Infografis sebagai media dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan publik Bank Indonesia. Jurnal Komunikasi, 8(2), 120-133.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bicen, H., & Beheshti, M. (2017). The psychological impact of infographics in education. BRAIN. Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, 8(4), 99-108.

Dunlap, J. C., & Lowenthal, P. R. (2016). Getting graphic about infographics: design lessons learned from popular infographics. Journal of Visual Literacy, 35(1), 42-59.

Firdaus, Z., & Zubaidah, S. (2016). Sunarmi, “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Ipa Materi Sistem Pencernaan Makanan Untuk Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Malang,” jurnal-online. um. ac. id, vol. 1, no.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Hart, G. (2013). Effective infographics: telling stories in the technical communication context. Retrived from http://techwhirl.com/effectiveinfographics-tellingstories-in-the-technical-communication-context/on, 7, 2017.

Hutauruk, S. P. (2020). LKP: Perancangan Infografis Sebagai Media Bantu Pembelajaran Pada Blog Ruangguru Bagi Pelajar SMP Dan SMA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DINAMIKA).

Insani, C. N., Hidayat, D. R., & Zulfan, I. (2019). Pemanfaatan Insta Story Dalam Aktivitas Jurnalistik Oleh Majalah Gadis. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(1), 39-56.

Kominfo. (2018). Kiat Bikin Infografis Keren dan Berkualitas. Jakarta: Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

MacQuarrie, A. (2012). Infographics in education. Think Tank. Retrived from http://blog.k12.com/2012/07/10/infographics-education

Novelyya, S. (2019). Pengaruh Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Fisika Di SMP Negeri 08 Muaro Jambi. Jurnal Riset dan Konseptual, 4(2).

Ozdal, H., & Ozdamli, F. (2017). The Effect of Infographics in Mobile Learning: Case Study in Primary School. J. UCS, 23(12), 1256-1275.

Ozdamlı, F., Kocakoyun, S., Sahin, T., & Akdag, S. (2016). Statistical reasoning of impact of infographics on education. Procedia Computer Science, 102, 370-377.

Rokhmawati, S., & Mastuti, H. (2018). Penggunaan Instagram Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(2) (2018): 196-203.

Sadiman Arief, S. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sari, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2020). The Development Og Mathematic Learning Media Based On Social Media In Instagram On Circle Mathematic In Junior High School. MATHEdunesa, 9(1).

Schrock, K. (2014). Infographics as a creative assessment. Retrived from http://www.schrockguide.net/infographics-as-an-assessment.html

Suyatna, A., Anggraini, D., Agustina, D., & Widyastuti, D. (2017). The role of visual representation in physics learning: dynamic versus static visualization. In Journal of Physics: Conference Series, 909 (1), 1-6.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan PembelajaranTematika: Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Umami, M. R., Utomo, S. B., & Ashadi, A. (2016). Pengaruh Media Infografis Dan Poster Pada Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Logika Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas Xi Ipa Semester Gasal Sma Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(3), 9-17.

Veygid, A., Aziz, S. M., & SR, W. S. (2020). Analisis Fitur dalam Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 39-48.

Zhang, L. (2013). Mobile phone technology engagement in EFL classroom. In 2013 International Conference on Software Engineering and Computer Science. Atlantis Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alvionita Citra Dewi, Eka Pramono Adi, Zainul Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats