Pengembangan Kuis Interaktif Untuk Metode Drill And Practice Dengan Memanfaatkan Fitur Media Sosial

Fitri Mutia Fajrin, I Nyoman Sudana Degeng, Saida Ulfa

Abstract


The aim of this research and development is to create a product for implement sosial media into drill and practice learning method. This quiz allows use of augmented reality and motion sensors technology. Taking advantage of features on Instagram sosial media, namely filters on Instagram stories, make this product accessible to anyone. This product also allows it to be used on smartphones of various types. The subject matter of “Things in The Classroom and Our Bag” in English for Class VII SMP. The ADDIE development paradigm was used to guide this project through the stages of analysis, design, development, implementation, and assessment. Products are validated by media experts and English subject matter experts. Student from SMP Muhammadiyah 1 in Malang City who are in seventh grade are the focus of this interactive quiz. It performed well in the product validation test, so that the product developed is suitable for use with the aim of increasing attractiveness during learning, as well as student motivation.


Abstrak
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan sebuah produk untuk memanfaatkan penggunaan media sosial pada metode pembelajaran drill and practice. Kuis ini menggunakan dukungan teknologi berupa augmented reality dan sensor gerakan. Memanfaatkan fitur pada media sosial Instagram yaitu filter pada Instagram story menjadikan produk ini bisa diakses oleh siapa saja. Produk ini juga memungkinkan untuk digunakan pada smartphone dengan berbagai tipe. Pokok bahasan materi “Things in The Classroom and Our Bag” mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP. Pengembangan ini telah melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi sesuai dengan model pengembangan ADDIE. Produk divalidasi oleh ahli media dan ahli materi mata pelajaran Bahasa Inggris. Sasaran objek uji coba kuis interaktif ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Malang. Pada uji validasi produk mendapatkan respon yang baik, sehingga produk yang dikembangkan layak digunakan dengan tujuan meningkatkan daya tarik pada saat berlangsungnya pembelajaran, serta motivasi siswa.


Keywords


Pengembangan; Kuis Interaktif; Filter Instagram; Drill and Practice

Full Text:

PDF

References


Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk. Jurnal Informatika, 2(1), 205–211.

Asrori, M., & Wicaksono, L. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Kreaticitas Belajar Pada Remaja Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5), 1–8.

Astuningtias, K. I., Appulembang, O. D., Lentera, S., Sangihe, H., Utara, S., & Harapan, U. P. (2017). Penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas ix materi statistika di smp kristen rantepao [ the implementation of drill method to improve cognitive learning outcomes of grade ix in statistics at christian junior high school. 1(1), 53–59.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Carmigniani, J., Furht, B., Anisetti, M., Ceravolo, P., Damiani, E., & Ivkovic, M. (2011). Augmented reality technologies, systems and applications. Multimedia Tools and Applications, 51(1), 341–377. https://doi.org/10.1007/s11042-010-0660-6

Dhian Khusnul Khotimah. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Dengan Media Pembelajaran Flash Card. Jurnal Pionir LPPM, 7(3), 1–6.

Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Drill And Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 187–198. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p187

Hussein, K. Q. (2015). Authoring system of drill & practice e-learning modules for hearing impaired students. International Journal of Computer Science & Information Technology (IJCSIT), 7(1). https://doi.org/10.5121/ijcsit.2015.7113

Lestari, K., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2020). Multimedia Drill And Practice Belajar Kosa Kata Bahasa Jepang Untuk Siswa Lintas Minat. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 415–424. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p415

Maulana, H., & Aliska, M. A. (2018). Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Vii (Study Kasus Smp Xyz). Majalah Ilmiah UNIKOM, 16(2), 145–154. https://doi.org/10.34010/miu.v16i2.1357

Mualimah, A., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Kuis Interaktif Nahwu Sebagai Media Pembelajaran Drill and Practice Pada Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 203–212. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p203

Nugroho, S., Redjeki, T., & Mulyani, S. (2014). Penerapan Metode Drill and Practice Dilengkapi Modul Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas Xi Ipa 5 Sma Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(4), 93–99.

Pacol, C. A., & Patacsil, F. (2017). Drill and Practice Courseware in. PSU Journal of Engineering, Technology and Computing Sciences, 1(1), 33–47.

Priadana, A., & Habibi, M. (2019). Face detection using haar cascades to filter selfie face image on instagram. Proceeding - 2019 International Conference of Artificial Intelligence and Information Technology, ICAIIT 2019, November, 6–9. https://doi.org/10.1109/ICAIIT.2019.8834526

Rohmana, T. A., Ulfa, S., & Adi, E. P. (2022). Video Animasi Mesin Offset Sebagai Media Pembelajaran Cetak Offset. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 52–61. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p052

Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. UNDIP E Journal, 6(4), 1–12.

Sari, R. V., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2021). Pengembangan multimedia drill and practice untuk meningkatkan kemampuan vocabulary bahasa jepang. 4(1), 12.

Sesriyani; Sukmawati. (2019). Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(1), 9–16.

Silviarista, M., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas Viii Smp. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p022

Sundari, A., Suyatna, A., & Sesunan, F. (2015). Pengembangan Kuis Interaktif Tipe Multiple Respone untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 69–79.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran matematika untuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika. In Bandung: Alfabeta. Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekomoni UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Yeo Chu, May Amy; Tunku Abdul , Rahma; Steve, Carter; Khor Zhan, S. (2019). Leadership, contribution, language and shared content as metrics in Malaysian millennials’decision making. Journal of

g Markets, 2(2), 153–162. Journal of Business and Finance in Emerging Markets, 2(2), 153–162.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i32022p295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Mutia Fajrin, I Nyoman Sudana Degeng, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats