Pembelajaran Interaktif Melalui Hybrid Learning Dengan Metode Demonstrasi

Astutri Puji Rahayu, Dian Hidayati, Susilowati Susilowati, Fillah Babul Fathatul Jannah

Abstract


The purpose of this study is to describe interactive learning through the hybrid learning method with the demonstration method. Hybrid learning is an effective learning collaboration to combine face-to-face learning activities with computer and internet technology-based learning. So, it can be facilitate student learning activities and teachers can monitor student learning PC and web. Data collection techniques in this study were carried out by means of observation and interviews. Observation is used to obtain data on the learning process by using interactive learning through hybrid by learning with the demonstration method. Meanwhile, interviews were used to obtain data on student perceptions in learning participant to seen from student activity, while interviews are used to obtain data relating to students' motivation and interest in the learning process. The results is learning mathematics at SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta by applying a hybrid learning model of demonstration method has a positive impact for students and also teachers in the use of technology and information and provides skills in their learning by using the demonstration method.  

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran interaktif melalui metode hybrid learning dengan metode demonstrasi. Hybrid learning merupakan kolaborasi pembelajaran yang sangat efektif untuk memadukan antara kegiatan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi komputer dan internet sehingga dapat memfasilitasi kegiatan belajar peserta didik serta guru dapat memantau kegiatan belajar peserta didik melalui internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk memperoleh data proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran interaktif melalui hybrid learning dengan metode demonstrasi, selain itu juga untuk mendapatkan data persepsi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilihat dari keaktifan siswa, Sedangkan wawancara digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan motivasi  dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pada pembelajaran matematika di SMP Muhammaidyah 5 Yogyakarta dengan menerapkan pembelajaran model hybrid learning metode demonstrasi yang memberikan dampak positif kepada peserta didik dan guru dalam pemanfaatan  teknologi dan informasi dan memberikan ketrampilan dalam pembelajaran yang mereka miliki dengan menggunakan metode demonstrasi.


Keywords


Hybrid Learning, Demonstrasi, Matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdussalam, Nabil Falah. (2021). Pengembangan Konten Media Podcast For Learning Format Feature Dalam Upaya Mengembangkan Daya Imajinasi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP (Studi Design an Development di SMPN 25 Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia

Aisyah, N., Supriani, Y., & Hawaliyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(1), 11–20.

Chang, Y. J., & Chang, Y. S. (2014). Assessing peer support and usability of blogging in hybrid learning environments. Interactive Learning Environments, 22(1), 3–17.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Matematika untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33–48.

Febriani, R. O., & Erfantinni, I. H. (2020). Hybrid Active Learning untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 388–397.

Fikrianoor, A. (2021). Pembelajaran Hybrid di TPQ Al-Mira Banjarmasin di Masa Pandemi. CJP-BUAF 5th: Journal Proceeding’s Conference of Borneo Undergraduate Academic Forum 5th, 1(2), 39–46.

Hamzah. (2018). Model Pembelajaran (Jakarta). Bumi Aksara.

Hapke, H., Lee-post, A., & Dean, T. (2021). 3-IN-1 Hybrid learning Environment. Marketing Education Review, 31(2), 154–161. https://doi.org/10.1080/10528008.2020.1855989

Hediansah, D., & Surjono, H. D. (2020). Hybrid learning development to improve teacher learning management. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–9.

Hidayat, M. Y., & Andira, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 140–148.

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). The effectiveness of mathematics teaching material based on ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 35–38.

Kemdikbud, R. I. (2020). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/2021,Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/Menkes/4242/2021 Nomor440-7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran diMas. Dk, 53(9), 1689–1699.

Kudisiah, H. J. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 195–202.

Kumari, V. S. N., & Umashree, D. K. (2017). Effectiveness of Cooperative Learning and Lecture Demonstration Method on Developing Ecocentric Attitude among Secondary School Students. Journal on School Educational Technology, 12(3), 44–53

Latifah, R. (2021). Problematika Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Yogyakarta. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1(1), 36–43.

Madiya, I. W. (2020). Pengembangan aplikasi E-UKBM kimia sebagai media pembelajaran interaktif siswa kelas XI SMAN Bali Mandara. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 142–158.

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardiati, Surya Wibawa, Arsip Perangi Angin, Sri Zulhayana, Irwan. (2019). Perbedaan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Binjai dengan Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19. STKIP Budidaya Binjai. Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021. Hlm 6196-6202.

Nugraha, E. (2020). Integrasi Program Tahfizh Al-Quran Dengan High Order Thingking Skills (Hots) Model Di Sekolah Dasar. PRIMARY:Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(02), 125–140.

Nur Afif. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an) Jurnal Pendidikan Islam. Volume 2 No. 01 2019, Hlm 117-129. ISSN: 2338-4131

Pertiwi, R. K., & Sutama, S. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350–365.

Pratama Rio Erwan & Mulyani Sri. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia. Vol. 1, No, 2020, pp. 49-59 e- ISSN 2722-0982.

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178.

Ramdhani, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid learning Berbantuan Schoology Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ramli, Farid Helmi Setiawan, Ridwan, Nofvia De Vega, Romlah Ulfaika. (2022). The Ongiong convergence of blended learning classroom in new normal: Teachers’ and Students’ perspectives in higher education. Edulite Journal of English Education, Literature and Culture. Vol. 7, No. 1, pp. 1-15

Sebayang, F. A. A., Saragih, O., & Hestiana. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Pembelajaran Mandiri Di Masa New Normal The Use of Online Learning Media in Improving Independent Learning during New Normal Period. Pelita Masyarakat, 2(September), 64–71. https://doi.org/: https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2i1.4222

Simbolon, C. T. (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Kemampuan Menentukan Lama Waktu suatu Kejadian Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1005–1011.

Triyono, M. G., & Dermawan, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Hybrid learning Di SMK Negeri 2 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 646–656.

Tuapattinaya, P. M. J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid learning Untuk Meningatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMP Negeri 6 Ambon. Biosel: Biology Science and Education, 6(2), 186–192.

Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan model hybrid learning dalam PTM terbatas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 472–481.

Widianto, E., Shafia, A. B., Sari, M. A., Maula, N. M. N., Salsabila, N. R., & Hidayat, T. (2021). Peran Pembelajaran Daring bagi Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 24–30.

Widiara, I. K. (2018). Blended learning sebagai alternatif pembelajaran di era digital. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2), 50–56




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i32022p326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Astutri Puji Rahayu, Dian Hidayati, Susilowati, Fillah Babul Fathatul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats