KOMPETENSI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU SOSHUM SETINGKAT SMA
Abstract
Pada abad ke 21 guru perlu menantang dan mimiliki kompetensi Pengetahuan Konten Pedagogis Teknologi (TPACK). TPACK adalah pembaharuan yang dirancang, pedagogi, dan konten. Kompetensi TPACK sangat dibutuhkan oleh guru SOSHUM untuk membuat pembelajaran yang cerdas dan kreatif, diperoleh bidang studi SOSHUM lebih lanjut tentang bidang pengetahuan, fakta dan konsep-konsep yang menggunakan hafalan. Faktor jender dalam kompetensi TPACK guru SOSHUM perlu dioptimalkan. Jender diartikan sebagai perbedaan yang terlihat di antara laki-laki dan perempuan yang dapat dilihat dari segi nilai dan komunikasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi TPACK Guru SOSHUM berdasarkan jender.Melalui penelitian kuantitatif dengan desain penelitian komparatif, diperoleh hasil penelitian, ada perbedaan pada kompetensi, TPACK, guru SOSHUM berdasarkan jender.
Full Text:
PDFReferences
Cox, S., & Graham, C. R. (2009). “Diagramming TPACK in practice: using and elaborated model of the TPACK framework to analyze and depict teacher knowledge”. TechTrends, 53(5), 60–69. Dari http://ipt287f09s2.pbworks.com/f/Using+an+Elaborated+Model+of+TPACK+framework.pdf
Fauziyah, Resti dkk. 2015. PENGETAHUAN MASYARAKAT DESA TENTANG KESETARAAN GENDER. PROSIDING KS: RISET & PKM, (2) 2, 147 – 300. Dari https://www.researchgate.net/publication/320325892_PENGETAHUAN_MASYARAKAT_DESA_TENTANG_KESETARAAN_GENDER
Koehler, M. & Mishra, P. 2009. What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70. Dari https://www.researchgate.net/publication/241616400_What_Is_Technological_Pedagogical_Content_Knowledge/download
M.J. Koehler et al. 2014. The Technological Pedagogical Content
Knowledge Framework. 9, 101-111. Dari https://www.punyamishra.com/wp-content/uploads/2013/08/TPACK-handbookchapter-2013.pdf
Pemerintah Republik Indonesia, 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta. Dari http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP17-2010Lengkap.pdf
Rosalia, Yunita. 2007. Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru. Skripsi. P.Ak. FKIP. Universitas Sanata Dharma. Dari https://repository.usd.ac.id/8584/2/021334025_Full.pdf
Schmidt A., Denise dkk. 2009. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research and Technology Education, 42 (2): 123–149. Dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ868626.pdf
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengenmbangan (Edisi keempat). Jakarta: Prenamedia Group
Zai, Ceria Poppy. 2016. Kompetensi Guru SMA Berdasarkan Jenis Kelamin, Usia, Pengalaman Mengajar, dan Status Kepegawaian. Skripsi. PE. FKIP. Universitas Sanata Dharma. Dari https://repository.usd.ac.id/6247/2/121334019_full.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nurul Hidayati, Punaji Setyosari, Yerry Soepriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)