Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa teknologi Pendidikan dalam menggunakan fasilitias e-learning yang meliputi antusias mahasiswa saat pembelajaran, kelebihan dan kekurangan e-learning, dan harapan mahasiswa terhadap e-learning. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa teknologi Pendidikan dalam menempuh matakuliah manajemen sistem informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa antusias dalam menggunkan e-learning karena pembelajaran dilakukan secara online. Mahasiswa merasakan bahwa jadwal yang digunakan dalam pemberian materi atau tugas kurang terjadwal sehingga harapan mahasiswa adalah adanya pemberian tugas yang terjadwal dan terstruktur.
Abstract: This study aims to determine the perceptions of students of Education technology in using e-learning facilities that include student enthusiasm when learning, the advantages and disadvantages of e-learning, and student expectations towards e-learning. The design of this research is descriptive qualitative research. The subjects of this study were students of Educational technology in taking information systems management courses. The results showed that students were enthusiastic in using e-learning because learning was done online. Students feel that the schedule used in the delivery of material or assignments is less scheduled so that the student's expectation is the provision of scheduled and structured assignments.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin., Tawany Rahamma., M. Nadjib. 2015. Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pemeblajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) Di Universitas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4).
Anggraini, A. 2018. Keefektifan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Sebagai Pengganti Perkuliahan Konvensional Untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 95-105
Desmita. (2013).Psikologi Perkembangan. PT. Bandung :Remaja Rosdakarya.
Elyas, Ananda Hadi. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56.
Hasamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka Publiser.
Kardiana, Aan, Herika, Sri, Elan & Nova. 2014. Kajian Penerapan Sistem E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di SLTA. Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 21 Juni 2014
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi. Bandung: Alfabeta.
Mutia, Intan & Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278-289 .
Ramdani, Ricky & Eka Murdani. 2014. E-Learning Sebagai Media Pelengkap Pembelajaran Konvensional Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan. Prosidingpertemuanilmiah XXVIII HFI Jateng& DIY, Yogyakarta, 26 April 2014
Sabar, Kurniawan., Asfah Rahman. Penggunaan Web (E-Learning) Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di Briton International English School Makasar. Junal Komunikasi KAREBA, 1(4), 444-456
Saifuddin, Much. Fuad. 2017. E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Varia Pendidikan, 29(2), 102-109
Setiawan, Dwi Lara Bagus., Siti Endang Astuti., Riyadi.2015. Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Kinerja Dosen Dalam Kegiatan Mengajar. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1)
Suranto, Beni. 2009. Virtual Classroom: Strategi Pembelajaran Berbasis Synchronous E-Learning. Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, 20 Juni 2009.
Widhiartha, Putu Ashintya. 2009. Pemanfaatan E-Learning Sebagai Alternative Pengganti Pelatihan Tatap Muka Bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 4(2), 189-196
Wirawan, Panji Wisnu. 2011. Pengembangan Kemampuan E-Learning Berbasis Web Ke Dalam M-Learning. Jurnal Masyarakat Informatika, 2(2), 21-26
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Seno Abi Yodha, Zainul Abidin, Eka Pramono Adi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)