Implementasi Pendidikan Inklusif di Universitas Lambung Mangkurat “Perspektif Mahasiswa Disabilitas Terhadap Kinerja Volunteer”

Mirnawati Mirnawati, Amka Amka, Imam Yuwono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa disabilitas terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di universitas lambung mangkurat, terkhusus di program studi pendidikan luar biasa sebagai program studi pilihan mahasiswa disabilitas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa disabilitas tunarungu berjumlah 5 orang mahasiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan observasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, dan unntuk mendapatkan data yang absah atau valid, maka dalam penelitian ini dilakukan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan persespi mahasiswa disabilitas khususnya mahasiswa tunarungu terhadap kinerja volunteer dalam melakukan pendampingan di kelas, pendampingan dalam pengerjaan tugas, pendampingan administrasi kampus, dan pendampingan kegiatan kemahasiswaan, terbilang baik walaupun mahasiswa tunarungu terkadang kecewa karena tidak ada volunteer yang mendampingi saat mereka membutuhkan. Hal tersebut terjadi karena volunteer juga merupakan mahasiswa aktif yang juga harus menyelesaikan tugas perkuliahan mereka sehingga terkadang tidak bisa melakukan pendampingan kepada mahasiswa disabilitas.


Keywords


pendidikan inklusi; perspektif; mahasiswa disabilitas; kinerja volunteer

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, 2003. UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem

Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar. 2011. Pedoman

Umum Penyelenggaraan Pendidikan Iklusif

(Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009). Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gibson S. (2015). When rights are not enough: What

is? Moving towards new pedagogy for inclusive

education within UK universities. International

Journal of Inclusive Education. 2015; 19(8): 875–

Lipka, O., Baruch, AF., Meer, Y. (2018). Academic

support model for post-secondary school students

with learning disabilities: student and instructor

perceptions. International Journal of Inclusive

Education, 2018; 1–16.

Martins, ME., Morges, ML., Gonçalves, T. (2018).

Attitudes towards inclusion in Higher Education

in a Portuguese University. International Journal

of Inclusive Education. 2018; 22(5): 527–

http://dx.doi.org/10.1080/13603116.2017.1

Mirnawati, dkk. 2018. Volunteer

Problems in Guiding Special Needs

Students in Following Lectures. Advances in

Social Science, Education and Humanities

Research, volume 272. Atlantis press.

Morgado, B., Cortés-Vega, M. D., López-Gavira, R.,

Álvarez, E., & Moriña, A. (2016). INCLUSIVE

EDUCATION IN HIGHER EDUCATION?

Journal of Research in Special Educational Needs,

, 639–642. doi:10.1111/1471-3802.12323

Moriña, A. (2019). The keys to learning for university

students with disabilities: Motivation, emotion and

faculty-student relationships. PLOS ONE, 14(5),

e0215249. doi:10.1371/journal.pone.0215249

Moswela, E. & Mukhopadhyay, S. (2011) ‘Asking for

too much? The voices of students with disabilities

in Botswana.’ Disability & Society, 26 (3), pp.

–19

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan

Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun

Tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan

Layanan Khusus di Perguruan Tinggi

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Efendi, M.,

Dewantoro, D. A., Huda, A., & Jauhari, M. N.

(2020, December). The Role of The Resource

Center in the Implementation of Inclusion

Education in Basic, Medium, and Higher

Education Institutions: A Grounded Theory

Approach. In 1st International Conference on

Information Technology and Education (ICITE

(pp. 490-496). Atlantis Press.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Solberg, V. Scott & Richards, Curtis & Vanbruinswaardt,

Caroline & Chen, Zi & Jarukitisakul, Chonlada.

(2014). Supporting students with special

needs in the transition from school to higher

education. CAISE Review. 2. 10.12796/caisereview.2014V2.004.

Stein, KF. (2014). Experiences of college students

with psychological disabilities: the impact of

perceptions of faculty characteristics on academic

achievement. IJTLHE. 26(1): 55–65.

Titsworth S, Quinlan MM, Mazer JP. Emotion

in teaching and learning: Development and

validation of the classroom emotions scale.

Commun Educ. 2010; 59(4): 431–452. https://doi.

org/10.1080/03634521003746156

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun

Tentang Penyandang Disabilitas

Weedon, E., Riddell S. (2016). Higher education

in Europe: widening participation. In Shah M,

Bennett A, Southgate E, editors. Widening higher

education participation. A global perspective.

Oxford: Elsevier; pp. 49–61.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p88-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats