Implementasi Pendidikan Inklusif di Universitas Lambung Mangkurat “Perspektif Mahasiswa Disabilitas Terhadap Kinerja Volunteer”
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa disabilitas terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di universitas lambung mangkurat, terkhusus di program studi pendidikan luar biasa sebagai program studi pilihan mahasiswa disabilitas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa disabilitas tunarungu berjumlah 5 orang mahasiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan observasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, dan unntuk mendapatkan data yang absah atau valid, maka dalam penelitian ini dilakukan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan persespi mahasiswa disabilitas khususnya mahasiswa tunarungu terhadap kinerja volunteer dalam melakukan pendampingan di kelas, pendampingan dalam pengerjaan tugas, pendampingan administrasi kampus, dan pendampingan kegiatan kemahasiswaan, terbilang baik walaupun mahasiswa tunarungu terkadang kecewa karena tidak ada volunteer yang mendampingi saat mereka membutuhkan. Hal tersebut terjadi karena volunteer juga merupakan mahasiswa aktif yang juga harus menyelesaikan tugas perkuliahan mereka sehingga terkadang tidak bisa melakukan pendampingan kepada mahasiswa disabilitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar. 2011. Pedoman
Umum Penyelenggaraan Pendidikan Iklusif
(Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009). Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gibson S. (2015). When rights are not enough: What
is? Moving towards new pedagogy for inclusive
education within UK universities. International
Journal of Inclusive Education. 2015; 19(8): 875–
Lipka, O., Baruch, AF., Meer, Y. (2018). Academic
support model for post-secondary school students
with learning disabilities: student and instructor
perceptions. International Journal of Inclusive
Education, 2018; 1–16.
Martins, ME., Morges, ML., Gonçalves, T. (2018).
Attitudes towards inclusion in Higher Education
in a Portuguese University. International Journal
of Inclusive Education. 2018; 22(5): 527–
http://dx.doi.org/10.1080/13603116.2017.1
Mirnawati, dkk. 2018. Volunteer
Problems in Guiding Special Needs
Students in Following Lectures. Advances in
Social Science, Education and Humanities
Research, volume 272. Atlantis press.
Morgado, B., Cortés-Vega, M. D., López-Gavira, R.,
Álvarez, E., & Moriña, A. (2016). INCLUSIVE
EDUCATION IN HIGHER EDUCATION?
Journal of Research in Special Educational Needs,
, 639–642. doi:10.1111/1471-3802.12323
Moriña, A. (2019). The keys to learning for university
students with disabilities: Motivation, emotion and
faculty-student relationships. PLOS ONE, 14(5),
e0215249. doi:10.1371/journal.pone.0215249
Moswela, E. & Mukhopadhyay, S. (2011) ‘Asking for
too much? The voices of students with disabilities
in Botswana.’ Disability & Society, 26 (3), pp.
–19
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan
Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun
Tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan
Layanan Khusus di Perguruan Tinggi
Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Efendi, M.,
Dewantoro, D. A., Huda, A., & Jauhari, M. N.
(2020, December). The Role of The Resource
Center in the Implementation of Inclusion
Education in Basic, Medium, and Higher
Education Institutions: A Grounded Theory
Approach. In 1st International Conference on
Information Technology and Education (ICITE
(pp. 490-496). Atlantis Press.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy
Students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Solberg, V. Scott & Richards, Curtis & Vanbruinswaardt,
Caroline & Chen, Zi & Jarukitisakul, Chonlada.
(2014). Supporting students with special
needs in the transition from school to higher
education. CAISE Review. 2. 10.12796/caisereview.2014V2.004.
Stein, KF. (2014). Experiences of college students
with psychological disabilities: the impact of
perceptions of faculty characteristics on academic
achievement. IJTLHE. 26(1): 55–65.
Titsworth S, Quinlan MM, Mazer JP. Emotion
in teaching and learning: Development and
validation of the classroom emotions scale.
Commun Educ. 2010; 59(4): 431–452. https://doi.
org/10.1080/03634521003746156
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun
Tentang Penyandang Disabilitas
Weedon, E., Riddell S. (2016). Higher education
in Europe: widening participation. In Shah M,
Bennett A, Southgate E, editors. Widening higher
education participation. A global perspective.
Oxford: Elsevier; pp. 49–61.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p88-93
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats