Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid – 19 di Sekolah Inklusif SDN 12 Gedong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara sekolah dengan pendidikan inklusif di SDN 12 GEDONG pada masa pandemic COVID – 19 yang bertujuan untuk memenuhi mata kuliah Pendidikan Orientasi Baru dalam Pendidikan Khusus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yaitu melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Kegiatan belajar mengajar masih tetap berjalan melalui pembelajaran jarak jauh dengan media daring sesuai dengan ketentuan dan aturan sekolah serta pemerintah . Proses belajar mengajar pada masa Pandemi COVID - 19 di SDN 12 Gedong dilakukan secara Daring untuk mencegah atau meminimalisir kontak fisik antara guru dan murid sehingga dapat memotong dan menghentikan penyebaran virus COVID -19.
This research aims to find out how schools with inclusive education at SDN 12 GEDONG during the COVID-19 pandemic are aimed at fulfilling the New Orientation Education course in Special Education. The data collection method was carried out in several ways, namely through observation, interviews, and document study. Teaching and learning activities are still ongoing through distance learning with online media in accordance with the rules and regulations of the school and government. The teaching and learning process during the COVID-19 Pandemic at SDN 12 Gedong was carried out online to prevent or minimize physical contact between teachers and students so as to cut and stop the spread of the COVID-19 virus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqila Smart, Anak Cacat Bukan Kiamat (Metode
Pembelajaran & Terapi untuk Anak Berkebutuhan
Khusus), (Yogyakarta : Kata Hati, 2010), h.44.
Mardhiyah, Siti Dawiyah, Jasminto. 2013. Al Ta’dib
volume 3 No. 1.
Mohammad Efendi, Pengantar Psikopedagogik Anak
Berkelainan, (Jakarta : Bumi Aksara, 2008),
h.114.
Mulyono, Abdulrahman. 2003. Landasan Pendidikan
Inklusif Dan Implikasinya dalam penyelenggaraan
LPTK.Makalah disajikan dalam pelatihan
penulisan buku ajar Bagi Dosen jurusan PLB yang
diselenggarakan oleh Ditjen Dikti. Yogyakarta
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy
Students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Efendi, M.,
Dewantoro, D. A., Huda, A., & Jauhari, M. N.
(2020, December). The Role of The Resource
Center in the Implementation of Inclusion
Education in Basic, Medium, and Higher
Education Institutions: A Grounded Theory
Approach. In 1st International Conference on
Information Technology and Education (ICITE
(pp. 490-496). Atlantis Press.
Purnama, Anindya. (2014). Sekolah Inklusi dan ABK.
Raye, Suci Ramadhani. (2012).Pedoman Umum
Pendidikan Inklusif.
Undang – Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
UNESCO (1994). The Salamanca Statement and
Framework For Action on Special Needs
Education. PARIS:Author.
Sutjihati Somantri, Psikologi Anak Luar Biasa,
(Bandung : Refika Aditama, 2006), h.121
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p125-129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats