Pembinaan Minat Dan Bakat Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Sdn Susukan 01 Pagi Jakarta Timur
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara guru dalam melakukan pembinaan minat dan bakat siswa berkebutuhan khusus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi, mengasesmen, mengelompokkan, melatih, dan mengikuti perlombaan, juga bertujuan untuk menguraikan faktor penghambat yang dialami serta faktor pendukung yang dilakukan sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode penelitian naratif inkuiri. Penelitian ini dilakukan di SDN Susukan 01 Pagi sebagai salah satu SD inklusi yang ada di Jakarta Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pembimbing Khusus (GPK). Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan GPK sebagai instrument utama dalam penelitian. Analisis data yang dilakukan adalah penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan mengumpulkan berbagai informasi dari informan yang kemudian disajikan dalam bentuk rangkaian susunan cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembinaan minat dan bakat di SDN Susukan 01 Pagi dilakukan melalui tahapan identifikasi, asesmen, klasifikasi, pelatihan dan perlombaan. Dalam prakteknya dukungan sosial dan GPK memiliki peranan yang penting dalam membina minat dan bakat anak berkebutuhan khusus. Dalam pelaksanaan kegiatan memiliki kendala yang berasal dari siswa itu sendiri seperti mood siswa yang mudah berubah.
: The purpose of this research is to explain the way teachers in fostering the interests and talents of students with special needs consisting of several stages, namely identifying, assessing, grouping, training, and participating in competitions, also aims to describe the inhibiting factors experienced and supporting factors that are carried out by schools. This research uses descriptive research with a qualitative approach using the inquiry narrative research method. This research was conducted at SDN Susukan 01 Pagi as one of the inclusive elementary schools in East Jakarta. The subject in this study was the Special Teacher/Guru Pendamping Khusus (GPK). Data collection techniques used were interviews with GPK as the main instrument in research. Data analysis was performed by presenting data and drawing conclusions by gathering various information from informants who were then presented in the form of a series of story arrangements. The results showed that the interest and talent training program at SDN Susukan 01 Pagi was carried out through the stages of identification, assessment, classification, training and competitions. In practice social support and GPK have an important role in fostering the interests and talents of children with special needs. In carrying out activities there are obstacles that come from the students themselves such as student’s moods that are easy to change.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Ikhwan, Y. (2019). Pengembangan Bakat dan Minat
Siswa Berkebutuhan Khusus di Slb C dan C1
Yakut (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak
berkebutuhan khusus.
Hellen Keller International (HKI) dan USAID
Indonesia. (2013). Prosedur Operasional Standar
dan Modul Pelatihan : Pendidikan Inklusif
Berbasis Sekolah.
Hufron, A., Imron, A., & Mustiningsih, M. (2016).
Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Inklusi.
Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(2), 95-105.
Maathuis, Heijnen. (2016). Inclusive Education: What,
Why and How. London : St. Vincent House.
Mumpuniarti, M., & Lestari, P. H. K. (2018). Kesiapan
guru sekolah reguler untuk implentasi pendidikan
inklusif. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2),
-61.
Nofiani, E. (2015). Pembinaan Minat dan Bakat Anak
Berkebutuhan Khusus (ABK) (Studi Deskriptif
Di Sekolah Dasar Inklusi) (Doctoral dissertation,
Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Efendi, M.,
Dewantoro, D. A., Huda, A., & Jauhari, M. N.
(2020, December). The Role of The Resource
Center in the Implementation of Inclusion
Education in Basic, Medium, and Higher
Education Institutions: A Grounded Theory
Approach. In 1st International Conference on
Information Technology and Education (ICITE
(pp. 490-496). Atlantis Press.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Purnamawati, F., & Pradipta, R. F. (2020, December).
Relationship of Parent Patterns With SelfAwareness Children With Intellectual Disabilities.
In 6th International Conference on Education and
Technology (ICET 2020) (pp. 182-185). Atlantis
Press.
Saputri, H. D. (2018). Manajemen Ekstra Kurikuler
Untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di
SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang.
Sugiarmin, M. (2007). Peserta Didik Berkebutuhan
Khusus Dalam Perspektif Pendidikan Inklusif.
diakses dari file. upi. edu, pada tanggal, 5.
Sunanto, J. (2016). Pendidikan Inklusif.
Supriyanto, S. (2019, December). Pemenuhan Hak
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sd
Negeri 30 Palembang. Dalam Seminar Nasional
Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01).
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini,
N., & Novitasari, S. (2020). Identifikasi Bakat
Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK)
di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok. JPI
(Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 102-116.
Wulandari, C. (2018). Implementasi Program
Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreativitas Siswa
di SLB Negeri 1 Bantul. Spektrum Analisis
Kebijakan Pendidikan, 7(3), 273-286.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p94-99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats