Penerapan Life Skill pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif

Alfina Dwi Nursafitri, Ferlyna Balqis, Muhammad Dori Eko Suryadi

Abstract


Kecakapan hidup adalah keterampilan siswa untuk memahami dirinya dan potensinya dalam kehidupan, antara lain mencakup penentuan tujuan, memecahkan masalah dan hidup bersama orang lain. bagi anak berkebutuhan khusus, pembelajaran general life skills bertujuan untuk memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk dapat menghadapi perannya di masa mendatang. Penelitian ini mengangkat masalah pembelajaran kecakapan hidup atau life skill bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan program atau pembelajaran kecakapan hidup atau life skill bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Penelitian berlangsung di SMA Garuda Cendekia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dan data diperoleh dengan melakukan wawancara dengan guru di sekolah tersebut. Penerapan life skill di SMA Garuda Cendekia berupa praktikum atau pelatihan dan kunjungan ke tempat-tempat seperti pabrik dan pasar. Anak yang dilibatkan dalam kegiatan life skill yang dilakukan setiap satu bulan sekali ini merupakan seluruh anak berkebutuhan khusus atau ABK di sekolah tersebut dengan mempertimbangkan karakteristik dan kondisi anak

Life skills are students’ skills to understand themselves and their potential in life, including setting goals, solving problems and living with others. For children with special needs, learning general life skills aims to function education in accordance with their nature, namely developing the human potential of students to be able to face their future roles. This research raises the problem of learning life skills or life skills for children with special needs in inclusive schools. The purpose of this study was to find out how to implement programs or life skills learning for children with special needs in inclusive schools. The research took place at Garuda Cendekia High School. The research method used is a case study method and data were obtained by conducting interviews with teachers at the school. The application of life skills at Garuda Cendekia High School is in the form of practicum or training and visits to places such as factories and markets. Children who are involved in life skill activities which are carried out once a month are all children with special needs or ABK in the school by considering the characteristics and conditions of the child.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus; Life Skill; Sekolah Inklusif

Full Text:

PDF

References


Algifahmy, Ayu Faiza. 2016. Pembelajaran General

Life Skills Terhadap Anak Autis di Sekolah

Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Jurnal

TARBIYATUNA. Volume 7 Nomor 2. Hal. 205-

Broad Based Education (BBE) Depdiknas. (2003).

Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup.

Surabaya: SIC bekerjasama dengan LPM UNESA.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Imania, Kuntum An Nisa,dkk. 2018. Pemanfaatan

Program Pembelajaran Lovaas (ABA) Dengan

Pendekatan ICARE Dalam meningkatkan

Kemampuan General Life Skill Anak Autis. Jurnal

PETIK. Volume 4 Nomor 1. Hal. 57-70

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017). Media

Counting Board untuk Kemampuan Berhtung Anak

Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 109-113.

Kristiani, Heri. 2009. Pembelajaran Contextual

Teaching and Learning Sebagai Strategi

Peningkatan General Life Skill Khususnya

Kecakapan Berpikir Rasional dan Kecakapan

Berpikir Sosial. Jurnal LEMLIT. Volumer 3

Nomor 2. Hal. 22-30

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., & Purnamawati, F.

(2020, November). Admission System for New

Students: Study of Multi Sites in Special School.

In 2nd Early Childhood and Primary Childhood

Education (ECPE 2020) (pp. 335-338). Atlantis

Press.

Pratiwi, Jamilah Candra. 2015. Sekolah Inklusi Untuk

Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap

Tantangan Kedepannya. Proceeding of Seminar

Nasional Pendidikan, Surakarta: 25 November

Hal. 237-242.

Prihatsanti, Unika,dkk. 2018. Menggunakan Studi

Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi.

Jurnal Buletin Psikologi. Volume 26 Nomor 2.

Hal. 126-136.

Rafiah, Nurul Hidayati,dkk. 2020. The Implementation

Inclusive Education: Implication For Children

With Special Needs In Tamansari Elementary

School In Yogyakarta. International Journal on

Education, Management and Innovation (IJEMI).

Volume 1 Nomor 1. Hal. 82-90.

Shaumi, Ayu Nur. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup

(Life Skill) Dalam Pembelajaran Sains di SD/

MI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

Volume 2 Nomor 2. Hal. 240-252

Suteja, Jaja. 2014. Bentuk dan Metode Terapi Terhadap

Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial.

Jurnal Edueksos. Volume III Nomor 1. Hal. 119-




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p100-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats