Pelatihan Pembelajaran Kompensatoris untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Sekolah Inklusif

Mohammad Efendi, Diniy Haridayatur Rahman, Immanuel Hitipeuw, Rizqi Fajar Pradipta

Abstract


Kebijakan pemerintah memberikan kesempatan akses di sekolah umum secara inklusif beum diimbangi penyediaan guru-guru pendidikan khusus yang sesuai kebutuhan, terutama berlatar Pendidikan prajabatan PLB/Pendidikan khusus. Tujuan studi ini untuk mendeskripsikan efektivitas kegiatan pelatihan terhadap pengetahuan dan keterampilan guru pendidikan khusus. Intervensi yang digunakan dalam studi terhadap 38 orang guru wakil dari berbagai Sekolah Inklusif se Kabupaten Trenggalek adalah metode campuran. Hasil analisis studi ini menunjukkan, bahwa efektifitas pelatihan penerapan program layanan kompensatoris bagi anak berkebutuhan khusus menggunakan kombinasi daring dan luring, mampu meningkatkan kapabilitas guru Sekolah Inklusif di kabupaten Treanggalek sebesar 5,35 %. Lebih dari itu, mereka nampak menunjukkan sikap keaktifan, antusiasme, dan kreativitas dalam menghasilkan draf program pembelajaran kompensatoris yang inovatif untuk peserta didik berkebutuhan khusus.



Keywords


Kompensatoris; guru pendidikan inklusif

Full Text:

PDF

References


Creswell, J.W. (2009). Research Design: Quantitative,

Qualitative, and Mixed Methodes Approach 3th. .

Los Angeles: Sage.

Dessler, G. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Jakarta : Index

Efendi, M. (2014). Perspektif Pendidikan Inklusif.

Malang: Universitas Negeri Malang Press

Efendi, M. (2018). The Implementation of Inclusive

Education in Indonesia for Children with Special

Needs: Expectation and Reality. Journal of

ICSAR, 2(2), 142-147.

Kirkpatrick, Donald L & Kirkpatrick, James D. (2008).

Evaluating Training Programs. San Francisco.

California: Berrett Koehler Publishers,Inc

Madjid, N. C. (2019). Tantangan Menghasilkan Diklat

yang Berkualitas dan Berdampak Luas. Jurnal

Inspirasi, 10(1), 49-55.

Miles, Matthew B., & Huberman, Micahel (1992). Data

Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi

Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press

Nurjanah, A. (2018). PENGUKURAN

KEBERHASILAN DIKLAT MELALUI MODEL

EVALUASI KIRKPATRICK. Tatar Pasundan:

Jurnal Diklat Keagamaan, 12(32), 71-82.

Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Dewantoro, D. A.

(2018, September). Social Environment of Special

Needs in Inclusive Primary School: A Descriptive

Research with Phenomenology Approach. In 1st

International Conference on Early Childhood and

Primary Education (ECPE 2018) (pp. 181-184).

Atlantis Press.

Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., & Purnamawati,

F. (2020). Admission System for New Students:

Study of Multi Sites in Special School. 2nd Early

Childhood and Primary Childhood Education

(ECPE 2020), 335-338.

Raharjo, T. (2017). Efektivitas Diklat Prajabatan

Pola Baru bagi Calon Pegawai Negeri Sipil

Kementerian Keuangan. Info Artha, 2, 20-34.

Rumondor, V. W. (2013). Motivasi, Disiplin Kerja,

Dan Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja

Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah

Minahasa Selatan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset

Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya

Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik.

Raja Grafindo Persada: Jakarta

Schraeder, M. (2009). Leveraging potential benefits

of augmentation in employee training. Industrial

and commercial training.

Soleh, A. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK

TEXMACO SEMARANG pada Mata

Diklat SERVICE ENGINE dan Komponenkomponennya. Jurnal Pendidikan Teknik

Mesin, 9(2).

Sumarsono, S. (2009). Ekonomi Sumber Daya Manusia

Teori dan Kebijakan Publik. Jogyakarta : Graha

Ilmu.

Thang,N.N. & Quang T. (2011). The Impact Of

Training On Firm Performance In transitional

Economy: Evidence From Vietnam. Research

And Practice In Human Resource Management




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p110-114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats