Pelatihan Pembelajaran Kompensatoris untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Sekolah Inklusif
Abstract
Kebijakan pemerintah memberikan kesempatan akses di sekolah umum secara inklusif beum diimbangi penyediaan guru-guru pendidikan khusus yang sesuai kebutuhan, terutama berlatar Pendidikan prajabatan PLB/Pendidikan khusus. Tujuan studi ini untuk mendeskripsikan efektivitas kegiatan pelatihan terhadap pengetahuan dan keterampilan guru pendidikan khusus. Intervensi yang digunakan dalam studi terhadap 38 orang guru wakil dari berbagai Sekolah Inklusif se Kabupaten Trenggalek adalah metode campuran. Hasil analisis studi ini menunjukkan, bahwa efektifitas pelatihan penerapan program layanan kompensatoris bagi anak berkebutuhan khusus menggunakan kombinasi daring dan luring, mampu meningkatkan kapabilitas guru Sekolah Inklusif di kabupaten Treanggalek sebesar 5,35 %. Lebih dari itu, mereka nampak menunjukkan sikap keaktifan, antusiasme, dan kreativitas dalam menghasilkan draf program pembelajaran kompensatoris yang inovatif untuk peserta didik berkebutuhan khusus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J.W. (2009). Research Design: Quantitative,
Qualitative, and Mixed Methodes Approach 3th. .
Los Angeles: Sage.
Dessler, G. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia.
Jakarta : Index
Efendi, M. (2014). Perspektif Pendidikan Inklusif.
Malang: Universitas Negeri Malang Press
Efendi, M. (2018). The Implementation of Inclusive
Education in Indonesia for Children with Special
Needs: Expectation and Reality. Journal of
ICSAR, 2(2), 142-147.
Kirkpatrick, Donald L & Kirkpatrick, James D. (2008).
Evaluating Training Programs. San Francisco.
California: Berrett Koehler Publishers,Inc
Madjid, N. C. (2019). Tantangan Menghasilkan Diklat
yang Berkualitas dan Berdampak Luas. Jurnal
Inspirasi, 10(1), 49-55.
Miles, Matthew B., & Huberman, Micahel (1992). Data
Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi
Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Nurjanah, A. (2018). PENGUKURAN
KEBERHASILAN DIKLAT MELALUI MODEL
EVALUASI KIRKPATRICK. Tatar Pasundan:
Jurnal Diklat Keagamaan, 12(32), 71-82.
Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Dewantoro, D. A.
(2018, September). Social Environment of Special
Needs in Inclusive Primary School: A Descriptive
Research with Phenomenology Approach. In 1st
International Conference on Early Childhood and
Primary Education (ECPE 2018) (pp. 181-184).
Atlantis Press.
Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., & Purnamawati,
F. (2020). Admission System for New Students:
Study of Multi Sites in Special School. 2nd Early
Childhood and Primary Childhood Education
(ECPE 2020), 335-338.
Raharjo, T. (2017). Efektivitas Diklat Prajabatan
Pola Baru bagi Calon Pegawai Negeri Sipil
Kementerian Keuangan. Info Artha, 2, 20-34.
Rumondor, V. W. (2013). Motivasi, Disiplin Kerja,
Dan Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja
Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah
Minahasa Selatan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset
Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya
Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik.
Raja Grafindo Persada: Jakarta
Schraeder, M. (2009). Leveraging potential benefits
of augmentation in employee training. Industrial
and commercial training.
Soleh, A. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK
TEXMACO SEMARANG pada Mata
Diklat SERVICE ENGINE dan Komponenkomponennya. Jurnal Pendidikan Teknik
Mesin, 9(2).
Sumarsono, S. (2009). Ekonomi Sumber Daya Manusia
Teori dan Kebijakan Publik. Jogyakarta : Graha
Ilmu.
Thang,N.N. & Quang T. (2011). The Impact Of
Training On Firm Performance In transitional
Economy: Evidence From Vietnam. Research
And Practice In Human Resource Management
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p110-114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats