Media Kamus Bahasa Indonesia Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Siswa Tunarungu

Putri Buchika Widamelia, M Shodiq AM

Abstract


Pemahaman kosakata termasuk dalam hambatan komunikasi anak tunarungu. Hal
tersebut mengakibatkan sedikitnya pemahaman kosakata anak tunarungu. Pada penelitian
inimenggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Designs (nondesigns)
dan bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media kamus Bahasa Indonesia bergambar
terhadap pemahaman kosakata. Analisis data menggunakan dua jenis data yaitu Pre test
yang nilai rata-ratanya 56,1 dan Post test dengan nilai rata-rata 91,6. Hasil perhitungan Uji
Wilcoxon diperoleh nilai = 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon α = 0,05 dan n = 6 (jumlah
sampel) dari daftar uji Wilcoxon dan diperoleh = 2. Dari perhitungan tersebut dinyatakan
bahwa diterima dan ditolak, sebab Thitung (0)≤ Ttabel (2). Maka bisa dikatakan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media Bahasa Indonesia bergambar terhadap
pemahaman kosakata anak tunarungu.


Keywords


Kamus Bahasa Indonesia bergambar; Pemahaman Kosakata; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Amy dkk. (2011). Media Pendidikan (penelitian,

pengembangan, dan pemanfaatannya). Jakarta.

Rajawali

Bunawan, L. dkk. (2000). Penguasaan Bahasa Anak

Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santri Rama

Effendi, M (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak

Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lakshita. N. (2012). Bahasa Isyarat Untuk Anak

Tunarungu Dasar. Jogjakarta: javalitera

Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Susilawati,

S. Y. PENGARUH PENGGUNAAN

MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP

PENINGKATAN PENGUASAAN TATA

KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU.

Rusman, dkk. (2013). Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT.

RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (1989). Membaca sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats