Buku Panduan Keterampilan Batik Tulis Sederhana untuk Anak Tunagrahita pada Mata Pelajaran Kemandirian Tingkat SMA

Fia Pangastuti, Abdul Huda, Ediyanto Ediyanto

Abstract


Pemilihan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan anak tunagrahita dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran keterampilan vokasi. Bahan ajar berbentuk cetak dapat memberikan daya tarik minat belajar siswa dalam keterampilan seni membatik. Dalam penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa buku panduan keterampilan batik tulis bagi siswa tunagrahita SMALB. Tujuan pengembangan ini menghasilkan bahan ajar berupa buku panduan bergambar yang valid dan efektif dimanfaatkan siswa tunagrahita kelas X dalam pembelajaran keterampilan seni membatik tulis. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan R&D dari Borg and Gall. Berdasarkan analisis validitas dan uji coba kelompok kecil yang dilakukan buku panduan ini sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 95%, 99%, dan 98%, hasil validasi ahli materi diperoleh skor sebesar 96%, 96%, dan 95%, dan hasil validasi dari praktisi memperoleh skor sebesar 91%, 80%, dan 93%. Skor akhir dari keseluruhan diperoleh hasil 94% termasuk dalam kriteria sangat valid dan layak digunakan. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan sebelum penggunaan buku panduan dan sesudah penggunaan buku panduan yakni dari rata-rata skor 40 menjadi 85, dengan demikian buku panduan termasuk kategori efektif digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


batik tulis; buku panduan; tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Adiena. 2014. Pembelajaran Batik Pada Rombel

Batik Anak Tunagrahita Di SLB Negeri Pembina

Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal

Universitas Negeri Yogyakarta.

Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Atmaja, J, R. 2017. Pendidikan dan Bimbingan Anak

Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk

Persiapan Guru Mengajar). Yogyakarta: Gava

Media.

Delphie, B. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita.

Bandung: Refika Aditama.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak

Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Intan, T, H. 2015. Pengembangan Buku Panduan Tata

Rias Pantomim Bergambar Untuk Meningkatkan

Kemandirian Anak Tunarungu di SMALB Eka

Mandiri Batu. Jurnal Universitas Negeri Malang.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).

Media Counting Board untuk Kemampuan

Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Kustawan, D. 2013. Manajemen Pendidikan Inklusif.

Jakarta: Luxima Metro Media.

Maulida, D, A. 2019. Pengembangan Buku Panduan

Budidaya Holtikultura Untuk Meningkatkan

Keterampilan Vokasional Anak Tunarungu di

SMALB. Jurnal Universitas Negeri Malang.

Musman. 2011. Batik: Warisan Adiluhung Nusantara.

Yogyakarta: G-Media.

Ningsih, Suwiarti. 2014. Peningkatan Keterampilan

Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa

Kelas Iii Sd Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan

Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif

Tadulako Online, Volume 2(4): 245.

Nugraha, T. 2015. Pembelajaran Keterampilan

Membatik Pada Siswa Autistik di Sekolah

Lanjutan Autis (SLA) Fredofios Yogyakarta.

Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Perdirjen PKLK. 2016. Kompetensi Inti dan

Kompetensi Dasar Seni Membatik SMALB

Tunagrahita PKLK.

Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).

HHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan

Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita. Jurnal

Ortopedagogia, 7(1), 8-12.

Sitepu, B. 2015. Penulisan Buku eks Pelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soemarjadi, dkk. 2001. Pendidikan Keterampilan.

Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Rosda.

Susanti, H. 2017. Pengembangan Buku Panduan

Membuat Batik Teknik Tulis Jumput Pada

Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan

Kelas V Di Sd Muhammadiyah 16 Semarang.

Jurnal Universitas Negeri Semarang,hal. 159




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p84-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats