Buku Panduan Keterampilan Batik Tulis Sederhana untuk Anak Tunagrahita pada Mata Pelajaran Kemandirian Tingkat SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiena. 2014. Pembelajaran Batik Pada Rombel
Batik Anak Tunagrahita Di SLB Negeri Pembina
Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal
Universitas Negeri Yogyakarta.
Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Atmaja, J, R. 2017. Pendidikan dan Bimbingan Anak
Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh
Penggunaan Media Sempoa Geometri pada
Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk
Persiapan Guru Mengajar). Yogyakarta: Gava
Media.
Delphie, B. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita.
Bandung: Refika Aditama.
Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak
Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Intan, T, H. 2015. Pengembangan Buku Panduan Tata
Rias Pantomim Bergambar Untuk Meningkatkan
Kemandirian Anak Tunarungu di SMALB Eka
Mandiri Batu. Jurnal Universitas Negeri Malang.
Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).
Media Counting Board untuk Kemampuan
Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.
Kustawan, D. 2013. Manajemen Pendidikan Inklusif.
Jakarta: Luxima Metro Media.
Maulida, D, A. 2019. Pengembangan Buku Panduan
Budidaya Holtikultura Untuk Meningkatkan
Keterampilan Vokasional Anak Tunarungu di
SMALB. Jurnal Universitas Negeri Malang.
Musman. 2011. Batik: Warisan Adiluhung Nusantara.
Yogyakarta: G-Media.
Ningsih, Suwiarti. 2014. Peningkatan Keterampilan
Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa
Kelas Iii Sd Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan
Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif
Tadulako Online, Volume 2(4): 245.
Nugraha, T. 2015. Pembelajaran Keterampilan
Membatik Pada Siswa Autistik di Sekolah
Lanjutan Autis (SLA) Fredofios Yogyakarta.
Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Perdirjen PKLK. 2016. Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar Seni Membatik SMALB
Tunagrahita PKLK.
Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).
HHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan
Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita. Jurnal
Ortopedagogia, 7(1), 8-12.
Sitepu, B. 2015. Penulisan Buku eks Pelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soemarjadi, dkk. 2001. Pendidikan Keterampilan.
Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Rosda.
Susanti, H. 2017. Pengembangan Buku Panduan
Membuat Batik Teknik Tulis Jumput Pada
Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas V Di Sd Muhammadiyah 16 Semarang.
Jurnal Universitas Negeri Semarang,hal. 159
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p84-90
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats