Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Tanya pada Peserta Didik Tunarungu
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan peserta didik tunarungu dalam menyusun kalimat tanya dengan metode index card match. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas VI yang terdiri dari 9 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan dilihat dari KKM peserta didik 70 dan ketuntasan klasikal sebesar 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode index card match dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat tanya pada peserta didik tunarungu. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes peserta didik saat pre test nilai rata-rata anak 45,55 dengan ketuntasan klasikal 11 %. Kemudian dimulai pada saat siklus 1 rata-rata nilai anak adalah 60 dengan ketuntasan klasikal 33%. Pada siklus II, nilai rata-rata anak adalah 81,11 dengan ketuntasan klasikal 77,78%. Setelah diketahui ketuntasan klasikal telah mencapai angka di atas 75% maka peneliti melakukan post tes dengan hasil rata-rata nilai anak mencapai 82,22 dengan ketuntasan klasikal 100%. Peningkatan nilai tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyusun kalimat tanya dengan metode index card match pada peserta didik kelas VI tunarungu SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang. Oleh karena itu, adanya metode ini dapat diterapkan di sekolah – sekolah karena memberikan hasil yang baik terutama saat kegiatan menanya dalam pembelajaran saintifik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan
Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa
Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(1),
-46.
Aulia, A. (2013). Komunikasi Alquran : Bahasa sebagai
Media Ekspresi Verbalistik. Jurnal Komunikator,
(1), 1–11.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Chaer, Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia.
Jakarta: Rineka Cipta
Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa
Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Efendi, Mohamad. 2017. Psikopedagogik Anak
Berkebutuhan Khusus. Malang: Universitas
Negeri Malang.
Effendi, S. 2015. Tata Bahasa dan Acuan Bahasa
Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri
Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi
Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan
Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.
Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi
Treatment and Education of Autistic and
Realted Communicationhandicapped Children
(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak
Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
(2), 57-61.
Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan
Khusus Tunarungu. Jakarta : PT.Luxima Metro
Media
Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi
Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan
Penelitian. Malang: UMM Press
Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar
Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya
Hisyam, Zaini dkk,. 2008. Strategi Pembelajaran
Aktif. Yogjakarta: Pustaka Insan Madani)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015.
Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum
Tahun 2015. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Machmudah, Umi dan Rosyidi, Abdul Wahab. 2016.
Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa
Arab. Malang: UIN Maliki Malang Press
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Masitoh dan Dewi, Laksmi. 2009. Strategi
Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal
Pendidikan Islam Departemen Agama Republik
Indonesia
Miles, Matthew, Michael Huberman, dan Johnny
Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A
Methods Sourcebook 3rd Edition. Arizona: Sage
Publications
Min, H. J., & Park, J. C. (2007). Analysis of indirect
uses of interrogative sentences carrying anger.
PACLIC 21 - The 21st Pacific Asia Conference
on Language, Information and Computation,
Proceedings, 311–320.
Mujahidin, Firdos. 2017. Strategi Mengelola
Pembelajaran Bermutu. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran
Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: Bumi Aksara
Ramlan. 1986. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis.
Yogyakarta: CV Karyono
Sagita, Isabela Ine. 2018. Pengaruh Metode Kooperatif
Index Card Match Dalam Pembelajaran Sejarah
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-IIS di
SMA Negeri 16 Surabaya. (Online). AVATARA:
e-Journal Pendidikan Sejarah. Volume 6, No.1,
Maret 2018. Dari http://jurnalmahasiswa.unesa.
ac.id/index.php/avatara/artSYAHicle/view/22515
Sari, Novita. 2016. Peningkatan Kemampuan Siswa
Dalam Penyusunan Kalimat Tanya Dengan
Metode Pencocokan Kartu Indeks (Index Card
Match) Di Kelas Ii Mi Al Husna, Ciledug, Kota
Tangerang, (Online), UIN Syarif Hidayatullah.
Dari http://repository.uinjkt.ac.id/
Silbermen, Melvin L. 2006. Active Learning: 101
Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan Raisul
Muttaqien. Bandung:Nusamedia. 1996
Somad, Permanarian dan Hernawati, Tati. 1996.
Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen
Dikti Proyek Pendidikan Tenaga Guru
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta
Suhardi. 2013. Dasar-dasar Ilmu Sintaksis Bahasa
Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Syahrir. (2017). Application of Cooperative Learning
Model Index Card Composition and Composition
Functions of Functions Invers in Man 1
Mataram. Pendidikan Matematika FKIP Univ.
Muhammadiyah Metro, 6(3), 414–420.
Tomuro, N. (2003). Interrogative reformulation
patterns and acquisition of question paraphrases.
–40. https://doi.org/10.3115/1118984.1118989
Uno, Hamzah B dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar
dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif,
Menarik. Jakarta: Bumi Aksara
Wahyudi, Ari dan Sujarwanto. 2014. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Surabaya: Unesa
University Press
Wardhani, IGAK, dkk. 2013. Pengantar Pendidikan
Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan:
Universitas Terbuka
Wijayanti, Sri Hapsari, dkk. 2013. Bahasa Indonesia:
Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta:
Raja Grafindo Persada
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Kompetensi
Bahasa. Bandung: Angkasa
Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan
Kelas untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan
Keilmuan. Jakarta. Penerbit Erlangga
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats