Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Tanya pada Peserta Didik Tunarungu

Karina Wahyu Dewi, Yuliyati Yuliyati, Endang Purbaningrum, I Ketut Budayasa

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan peserta didik tunarungu dalam menyusun kalimat tanya dengan metode index card match. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas VI yang terdiri dari 9 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan dilihat dari KKM peserta didik 70 dan ketuntasan klasikal sebesar 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode index card match dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat tanya pada peserta didik tunarungu. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes peserta didik saat pre test nilai rata-rata anak 45,55 dengan ketuntasan klasikal 11 %. Kemudian dimulai pada saat siklus 1 rata-rata nilai anak adalah 60 dengan ketuntasan klasikal 33%. Pada siklus II, nilai rata-rata anak adalah 81,11 dengan ketuntasan klasikal 77,78%. Setelah diketahui ketuntasan klasikal telah mencapai angka di atas 75% maka peneliti melakukan post tes dengan hasil rata-rata nilai anak mencapai 82,22 dengan ketuntasan klasikal 100%. Peningkatan nilai tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyusun kalimat tanya dengan metode index card match pada peserta didik kelas VI tunarungu SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang. Oleh karena itu, adanya metode ini dapat diterapkan di sekolah – sekolah karena memberikan hasil yang baik terutama saat kegiatan menanya dalam pembelajaran saintifik.


Keywords


Metode; Index Card Match; Menyusun Kalimat Tanya; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan

Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa

Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(1),

-46.

Aulia, A. (2013). Komunikasi Alquran : Bahasa sebagai

Media Ekspresi Verbalistik. Jurnal Komunikator,

(1), 1–11.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Chaer, Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia.

Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa

Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Efendi, Mohamad. 2017. Psikopedagogik Anak

Berkebutuhan Khusus. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Effendi, S. 2015. Tata Bahasa dan Acuan Bahasa

Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan

Khusus Tunarungu. Jakarta : PT.Luxima Metro

Media

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi

Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan

Penelitian. Malang: UMM Press

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar

Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya

Hisyam, Zaini dkk,. 2008. Strategi Pembelajaran

Aktif. Yogjakarta: Pustaka Insan Madani)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015.

Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum

Tahun 2015. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan

Machmudah, Umi dan Rosyidi, Abdul Wahab. 2016.

Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa

Arab. Malang: UIN Maliki Malang Press

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Masitoh dan Dewi, Laksmi. 2009. Strategi

Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Islam Departemen Agama Republik

Indonesia

Miles, Matthew, Michael Huberman, dan Johnny

Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A

Methods Sourcebook 3rd Edition. Arizona: Sage

Publications

Min, H. J., & Park, J. C. (2007). Analysis of indirect

uses of interrogative sentences carrying anger.

PACLIC 21 - The 21st Pacific Asia Conference

on Language, Information and Computation,

Proceedings, 311–320.

Mujahidin, Firdos. 2017. Strategi Mengelola

Pembelajaran Bermutu. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran

Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.

Jakarta: Bumi Aksara

Ramlan. 1986. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis.

Yogyakarta: CV Karyono

Sagita, Isabela Ine. 2018. Pengaruh Metode Kooperatif

Index Card Match Dalam Pembelajaran Sejarah

Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-IIS di

SMA Negeri 16 Surabaya. (Online). AVATARA:

e-Journal Pendidikan Sejarah. Volume 6, No.1,

Maret 2018. Dari http://jurnalmahasiswa.unesa.

ac.id/index.php/avatara/artSYAHicle/view/22515

Sari, Novita. 2016. Peningkatan Kemampuan Siswa

Dalam Penyusunan Kalimat Tanya Dengan

Metode Pencocokan Kartu Indeks (Index Card

Match) Di Kelas Ii Mi Al Husna, Ciledug, Kota

Tangerang, (Online), UIN Syarif Hidayatullah.

Dari http://repository.uinjkt.ac.id/

Silbermen, Melvin L. 2006. Active Learning: 101

Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan Raisul

Muttaqien. Bandung:Nusamedia. 1996

Somad, Permanarian dan Hernawati, Tati. 1996.

Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen

Dikti Proyek Pendidikan Tenaga Guru

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta

Suhardi. 2013. Dasar-dasar Ilmu Sintaksis Bahasa

Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Syahrir. (2017). Application of Cooperative Learning

Model Index Card Composition and Composition

Functions of Functions Invers in Man 1

Mataram. Pendidikan Matematika FKIP Univ.

Muhammadiyah Metro, 6(3), 414–420.

Tomuro, N. (2003). Interrogative reformulation

patterns and acquisition of question paraphrases.

–40. https://doi.org/10.3115/1118984.1118989

Uno, Hamzah B dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar

dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran

Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif,

Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyudi, Ari dan Sujarwanto. 2014. Metodologi

Penelitian Pendidikan. Surabaya: Unesa

University Press

Wardhani, IGAK, dkk. 2013. Pengantar Pendidikan

Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan:

Universitas Terbuka

Wijayanti, Sri Hapsari, dkk. 2013. Bahasa Indonesia:

Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta:

Raja Grafindo Persada

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Kompetensi

Bahasa. Bandung: Angkasa

Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan

Kelas untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan

Keilmuan. Jakarta. Penerbit Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats