Pengembangan Adaptive Hand Control Drive pada Mobil untuk Disabilitas Daksa

Asrorul Mais, Inna Hamida Zusfindhana, Rosika Novia Megaswarie

Abstract


Disabilitas daksa merupakan kondisi adanya kerusakan atau gangguan pada tulang dan otot yang menghambat kegiatan individu. Adanya hambatan menyebabkan disabilitas daksa membutuhakan layanan khusus untuk memudahkan mobilitasnya. Salah satu caranya melalui pengembangan adaptive hand control drive pada mobil. Pengembangan alternative hand control pada mobil untuk disabilitas daksa inilah yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuannya adalah mengembangkan dan memodifikasi produk yang sudah ada sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan lima tahap dalam pelaksanaannya. Lima tahap tersebut antara lain; pengalaman lapangan dan kajian literatur, pengembangan desain awal, uji coba produk, revisi, validasi yang dilakukan oleh para ahli, kemudian pembuatan prototype modifikasi mobil dengan hand control drive. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang dengan disabilitas daksa yang memiliki karakteristik berbeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisis data yang disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa model 1 tuas yang diletakkan di sebelah kiri lebih aman dan memudahkan disabilitas daksa dalam mobilitas. Oleh karena itu, dalam memodifikasi alat transportasi bagi disabilitas daksa perlu diperhatikan karakteristik dan tingkat kebutuhan masing-masing individu, juga memperhatikan keamanan dan keselamatan.


Keywords


adaptive hand control drive; disabilitas daksa

Full Text:

PDF

References


Cochran-Smith, M. (2005). Studying teacher education:

What we know and need to know.

Effendi, Mohammad. (2006). Pengantar

Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi

Akasara.

Mohammad Ali, Muhammad Asrori, (2014).

Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019, December).

Development of Adaptive Sports Models in

Improving Motor Ability and Embedding Cultural

Values in Children with Special Needs. In the

th International Conference on Education and

Management (COEMA 2019). Atlantis Press.

Punaji Setyosari. (2014). Metode Penelitian Pendidikan

dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Rahman, M. (2014). Memahami Prinsip Belajar Anak

Berkebutuhan Khusus. 2(1), 163-179

Reed, P., & Bowser, G. (2005). Assistive technologies

and the IEP. Handbook of Special Education

Technology Research and Practice. Knowledge

by Design Inc., Whitefish bay.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel

Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa.

Bandung: PT. Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p125-129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats