Pengaruh Penggunaan Blended Learning untuk Meningkatkan Kapabilitas Keterampilan Dasar Kepramukaan Mahasiswa Tunanetra

Abdul Huda, M Shodiq AM, Mohammad Efendi, Imam Safi'i, Liyennur Rahma Putri T.D.K, Phylia Gita Gita C.C

Abstract


Atas dasar potensi yang masih dimungkinkan untuk dioptimalisasikan pengembangan kapabilitas mahasiswa tunanetra, maka perlu ada upaya inovatif dalam pembelajaran untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada mahasiswa tunanetra lebih aktif. Terutama untuk mengembangkan inisiatif dan kreatifitasnya melalui berbagai aktifitas belajar yang memanfaatkan potensi non-visual yang dimungkinkan, diantaranya lewat implementasi model pembelajaran blended yang berbasis pada optimalisasi indera pendengaran, perabaan, pembau, perasa. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas penerapan pembelajaran model blended untuk mahasiswa tunanetra pada kegiatan Diklat Keterampilan Dasar Kepramukaan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Prodi PLB FIP UM. Untuk mencapai maksud tersebut, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR). Diperoleh kesimpulan bahwa kadar pembelajaran Keterampilan Dasar Kepramukaan model blended yang dirancang pada peserta didik tunanetra, menunjukkan hasil yang sangat positif untuk meningkatkan kapabilitasnya. Implikasinya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan para pengambil kebijakan dan para pemangku kepentingan untuk direkomendasikan sebagai opsi inovasi dalam pembelajaran anak tunanetra untuk bidang lainnya.

Keywords


Blended Learning; Keterampilan Dasar Kepramukaan; Mahasiswa Tunanetra

Full Text:

PDF

References


----------, Undang-undang Nomor 20 tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik

Indonesia

Akkoyunlu, B., & Soylu, M. Y. (2008). A study of

student’s perceptions in a blended learning

environment based on different learning

styles. Journal of Educational Technology &

Society, 11(1), 183-193.

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg,

A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new

normal and emerging technologies. International

Journal of Educational Technology in Higher

Education, 15(1), 3.

Dziuban, C., Hartman, J., Cavanagh, T., & Moskal, P.

(2011). Blended courses as drivers of institutional

transformation. In A. Kitchenham (Ed.),

Blended learning across disciplines: Models

for implementation, (pp. 17–37). Hershey: IGI

Global.

El-Deghaidy, H., & Nouby, A. (2008). Effectiveness

of a blended e-learning cooperative approach

in an Egyptian teacher education programme.

Computers & Education, 51(3), 988-1006

Efendi, M. (2020). Rancangan Penelitian Pendidikan

Kontemporer. Malang: UM Press

Fajrie, N., Rohidi, T. R., Syakir, M., & Syarif, I.

(2019). Modalitas Estetis Penyandang Tunanetra

dalam Distingsi Sosial-Budaya di Era Industri.

In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana

(PROSNAMPAS,) 2 (1), pp. 601-611).

Güzer, B., & Caner, H. (2014). The past, present and

future of blended learning: an in depth analysis

of literature. Procedia-social and behavioral

sciences, 116, 4596-4603.

Huebner, K. (2000). Visual Impairment. In Mc

Holbrook & A.J. Koenig (eds.) Foundation

of Education: History & Theory of Teaching

Children with Visual Impairment in Home. New

Yok: AFB Press.

Kirk, S.A. et. al. (2009). Educating Exceptional

Children (twelf.th edition). New York: Hougton

Mifflin Harcourt Publishing Company

Kusairi, S. (2013). Pengaruh Blended Learning

terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran

Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan

Fisika Indonesia, 9(1).

Lusli, V.L.M.M. (2009). Helping Children With Slight

Loss. Jakarta: Mimi Institut

Maulana, M. 2007. Mendidik Anak Autis Dan

Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas Dan

Sehat. Yogyakarta: Kata Hati.

Sandi, G. (2012) Pengaruh Blended Learning Terhadap

Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian

Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, (45)

, 241-251

Semler, S. (2005). Use Blended Learning to Increase

Learner Engagement and Reduce Training Cost.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning

terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa

di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).

Smyth, S., Houghton, C., Cooney, A., & Casey, D.

(2012). Students’ experiences of blended learning

across a range of postgraduate programmes.Nurse

education today, 32(4), 464-468.

Volkmar, F., Chawarska, K., Klin, A., Paul, R.. (2007).

Autism spectrum disorder in the second year.

Journal of Child Psychology and Psychiatry,

(2), 128-138.

Woltering, V., Herrler, A., Spitzer, K., Spreckelsen

C. (2009). Blended learning positively affects

students’ satisfaction and the role of the tutor in

the problem-based learning process: Results of

a mixed-method evaluation. Advances in Health

Sciences Education, 14(5), 725-738.

Yuniar, T. (2010). English Dictionary. Surabaya:

Agung Media Mulia




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p135-139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats