Pengembangan Bahan Belajar Anatomi Fisiologi Berbasis Teknologi Augmented Reality

Mohammad Efendi, M Shodiq AM, Agung Kurniawan, Mohammad Arief Nazaruddin, Rizky Amalia Rosyidi

Abstract


Penelitian ini didaarkan pada asumsi bahwa pemanfaatan media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dapat meneguhkan pembentukan perilaku hasil belajar yang positif. Augmented reality sebagai salah satu produk inovasi dalam tekonologi informasi dan komunikasi ketika diadopsi untuk mendukung pembelajaran, maka pembelajaran menjadi lebih hidup dan apresiatif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan belajar penunjang mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality. Untuk itu, rancangan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Lee dan Owen, 2004). Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh ahli media, ahli materi, serta pengguna terhadap bahan ajar anatomi fisiologi manusia, menunjukkan bahwa bahan ajar anatomi fisiologi manusia ini sangat layak untuk digunakan, karena secara teknis dan subtantif bahan ajar anatomi fisiologi manusia dinilai sangat baik. Penyertaan teknologi Augmented reality untuk penguatan pada beberapa materi tertentu dalam bahan belajar anatomi fisiologi memberikan peningkatan pemahaman secara signifikan


Keywords


Bahan Pembelajaran; Augmented reality

Full Text:

PDF

References


Atmawarni, U. M. A. (2012). Penggunaan Multimedia

Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Yang

Inovatif Di Sekolah. PERSPEKTIF, 1(1).

Djaali, H. (2013). Psikologi pendidikan (Cet.

. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Freina, L., & Ott, M. (2015). A literature review on

immersive augmentedreality in education: state

of the art and perspectives. In The International

Scientific Conference eLearning and Software for

Education (Vol. 1, p. 133). “ Carol I” National

Defence University.

Iskandar, S. (2019). Efektivitas Terapi Bermain

Assosiatif Terhadap Kemampuan Motorik Pada

Anak Autis. Journal of Nursing and Public

Health, 7(2), 72-76.

Juneja, A. (2016). Therapeutic Role of Play Therapy: A

Review. IJSR-International

Kaufmann, H. (2003). Collaborative augmented reality

in education. Institute of Software Technology

and Interactive Systems, Vienna University of

Technology.

Mantovani, F. (2001). VR learning: Potential and

challenges for the use of 3D environments

in education and training. In G. Riva & C.

Galimberti (Eds.), Towards cyberpsychology:

Mind, cognitions and society in the internet age

(pp. 207-226). Amsterdam: IOS Press.)

McLellan, H. (2003). Augmentedrealities. In D. H.

Jonassen & P. Harris (Eds.), Handbook of research

for educational communications and technology

(2nd ed.), pp. 461-498. Mahwah, NJ: Lawrence

Erlbaum

Miles, Matthew B., & Huberman, Micahel (1992). Data

Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi

Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa

dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1).

Nazaruddin, M.A. & Efendi, M. (2018). The book of

pop up augmented reality to increase focus and

object recognition capabilities for children with

autism. Journal of ICSAR. 2 (1), 9-14

Pantelidis, V. S. (2010). Reasons to use augmentedreality

in education and training courses and a model to

determine when to use augmentedreality. Themes

in Science and Technology Education, 2(1-2), 59-

Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,

Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021,

September). Development of Online Learning

Resources as a Support System Learning from

Home at SLB LAB UM. In 2021 7th International

Conference on Education and Technology (ICET)

(pp. 100-106). IEEE.

Wickens, C.D. (1992). Augmentedreality and

education. Proceedings 1992 IEEE International

Conference on Systems, Man, and Cybernetics

William W., Lee, Diana L., & Owens. (2004).

Multimedia Based Instructional Design.

Sanfrancsico :Market Stret




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p68-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats