Pengembangan Bahan Belajar Anatomi Fisiologi Berbasis Teknologi Augmented Reality
Abstract
Penelitian ini didaarkan pada asumsi bahwa pemanfaatan media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dapat meneguhkan pembentukan perilaku hasil belajar yang positif. Augmented reality sebagai salah satu produk inovasi dalam tekonologi informasi dan komunikasi ketika diadopsi untuk mendukung pembelajaran, maka pembelajaran menjadi lebih hidup dan apresiatif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan belajar penunjang mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality. Untuk itu, rancangan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Lee dan Owen, 2004). Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh ahli media, ahli materi, serta pengguna terhadap bahan ajar anatomi fisiologi manusia, menunjukkan bahwa bahan ajar anatomi fisiologi manusia ini sangat layak untuk digunakan, karena secara teknis dan subtantif bahan ajar anatomi fisiologi manusia dinilai sangat baik. Penyertaan teknologi Augmented reality untuk penguatan pada beberapa materi tertentu dalam bahan belajar anatomi fisiologi memberikan peningkatan pemahaman secara signifikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmawarni, U. M. A. (2012). Penggunaan Multimedia
Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Yang
Inovatif Di Sekolah. PERSPEKTIF, 1(1).
Djaali, H. (2013). Psikologi pendidikan (Cet.
. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Freina, L., & Ott, M. (2015). A literature review on
immersive augmentedreality in education: state
of the art and perspectives. In The International
Scientific Conference eLearning and Software for
Education (Vol. 1, p. 133). “ Carol I” National
Defence University.
Iskandar, S. (2019). Efektivitas Terapi Bermain
Assosiatif Terhadap Kemampuan Motorik Pada
Anak Autis. Journal of Nursing and Public
Health, 7(2), 72-76.
Juneja, A. (2016). Therapeutic Role of Play Therapy: A
Review. IJSR-International
Kaufmann, H. (2003). Collaborative augmented reality
in education. Institute of Software Technology
and Interactive Systems, Vienna University of
Technology.
Mantovani, F. (2001). VR learning: Potential and
challenges for the use of 3D environments
in education and training. In G. Riva & C.
Galimberti (Eds.), Towards cyberpsychology:
Mind, cognitions and society in the internet age
(pp. 207-226). Amsterdam: IOS Press.)
McLellan, H. (2003). Augmentedrealities. In D. H.
Jonassen & P. Harris (Eds.), Handbook of research
for educational communications and technology
(2nd ed.), pp. 461-498. Mahwah, NJ: Lawrence
Erlbaum
Miles, Matthew B., & Huberman, Micahel (1992). Data
Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi
Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa
dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1).
Nazaruddin, M.A. & Efendi, M. (2018). The book of
pop up augmented reality to increase focus and
object recognition capabilities for children with
autism. Journal of ICSAR. 2 (1), 9-14
Pantelidis, V. S. (2010). Reasons to use augmentedreality
in education and training courses and a model to
determine when to use augmentedreality. Themes
in Science and Technology Education, 2(1-2), 59-
Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,
Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021,
September). Development of Online Learning
Resources as a Support System Learning from
Home at SLB LAB UM. In 2021 7th International
Conference on Education and Technology (ICET)
(pp. 100-106). IEEE.
Wickens, C.D. (1992). Augmentedreality and
education. Proceedings 1992 IEEE International
Conference on Systems, Man, and Cybernetics
William W., Lee, Diana L., & Owens. (2004).
Multimedia Based Instructional Design.
Sanfrancsico :Market Stret
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22021p68-73
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats