Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan pada Siswa Tunarungu di SMPLB
Abstract
Ketidakberfungsian organ pendengaran pada tunarungu mengakibatkan terhambatnya
perkembangan bahasa dan bicara sehingga pada anak tunarungu mengalami hambatan dalam memperoleh
informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan memahami isi
bacaan sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa metode sosiodrama pada siswa tunarungu kelas
VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata pada tahap
pre test sebesar 42,5, sedangkan perolehan rata-rata pada tahap post test meningkat sebesar 79,5 setelah
dilakukan intervensi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan
Khusus Tunarungu. Jakarta: Luxima
Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Susilawati, S. Y.
Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri
Terhadap Peningkatan Penguasaan Tata Kalimat
Pada Siswa Tunarungu.
Uno. Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran
Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang
Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara
Winarsih, Murni .2007. Intervensi Dini Bagi Anak
Tunarungu Dalam Pemerolehan Bahasa.
Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat
Ketenagaan.
Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Memingkatkan
Kemampuan Membaca Peningkatan
Komprehensi.Yogyakarta: UNY Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats