Adaptasi Siswa Albino dalam Menempuh Pendidikan

Fitri Febri Handayani, Khamim Zarkasih Putro, Tarsisius Tukang, Ery Wati

Abstract


Pada umumnya, baik siswa yang memiliki keterbatasan maupun siswa yang tidak memiliki keterbatasan memiliki permasalahan dalam belajar, baik masalah ringan, yang artinya dapat diselesaikan oleh diri sendiri maupun masalah yang berat, yang memerlukan perhatian atau bantuan dari orang lain. Salah satu permasalahan yang dialami Anak Albino ialah mengenai penglihatan yang memburuk, oleh sebab itu menyebabkan Anak Albino harus melakukan usaha-usaha agar mereka mampu mendapatkan informasi dalam menempuh pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adaptasi Siswa Albino dalam menempuh pendidikan. Menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui teknik wawancara terhadap 10 siswa albino, baik yang selesai/sedang menempuh sekolah menegah atas/sejenisnya dan maupun yang sedang menempuh perguruan tinggi/ univerrsitas. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian dilakukan dengan traingulasi investegator. Hasil analisis menunjukkan terdapat dua tema utama. Tema-tema ini menggambarkan masalah-masalah yang dihadapi siswa Albino, yaitu penyesuaian belajar dan penyesuaian sosial serta strategi yang digunakan dalam menghadapi penyesuaian tersebut.


Keywords


Adaptation; Albinism; Education.

Full Text:

PDF

References


Adi, B. S. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak , Volume 9 ( 1 ), 2020 , 33-39.

Arsal, A. F. (2018). Genetika I : Arif Memahami Kehidupan. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Aulia Maharani, S. N., Noviekayati, I., & Meiyuntariningsih, T. (2017). Efektivitas Expressive Writing Therapy Dalam Menurunkan Tingkat Stress Pada Remaja Dengan Albino Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 98–110. https://doi.org/10.30996/persona.v6i1.1299.

Ayu, D., & Nurfa, V. (2017). Kurangnya Komitmen Negara dan Organisasi Internasional Dalam Perlidungan Hak Asasi Manusia Terhadap Albino di Tanzania. 6(1), 87–95.

Edwija, D., S. (2017). Penatalaksanaan Low Vision Untuk Pasien Moderate Visual Impairment dengan Oculocutaneous Albinism. Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. April, 0–10.

Fauzi. Konsep Diri Penyandang Albino Di Provinsi Riau. Jom Fisip, 6, 1–12.

Firnanda, T., H. (2014). Penyesuaian Diri Penyandang Low Vision Dalam Melewati Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 1–14.

Franklin, A., Lund, P., Bradbury-jones, C., & Taylor, J. (2018). Children with albinism in African regions: their rights to ‘ being ’ and ‘ doing .’ 1–8. https://doi.org/10.1186/s12914-018-0144-8.

Garza, K., Gorman, J., Cowan, C., & Sewell, D. (2016). A kit designed to guide parents and general education teachers in supporting students with albinism in the classroom. A NOAH Program In Collaboration with TSBVI Teachers.

https://id.m.wikipedia.org, diakses pada 18 Oktober 2021 pukul 21:00 WIB

https://www.alodok.com. diakses pada 18 Oktober 2021 pukul 22:30 WIB.

http://www.halodoc.com. diaskses pada 18 Oktober 2021 pukul 22:10 WIB.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Lynch, P., & Lund, P. (2011). People With Albinism In Malawi. 1–43.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229

Moch. Agus Krisno Budiyanto, Universitas Muhammadiah Malang “Kajian Genetika Populasi Pada Studi Kasus Penyakit Albino di Indonesia” https://aguskrisnoblog.wordpress.com/2012/01/11/kajian-genetika-populasi-pada-studi-kasus-penyakit-albino-di-indonesia-2/

Nindrasari, G., Meitiniarti, I., & Mangimbulude, J. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 197. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 15, 4(Oca 4), 16–34. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php (2011). /prosbio/article/download/748/416

Handoko, D., & Gumantan, D. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga Di SMA Negeri 1 Baradatu Dwi. Journal of Physical Education (JouPE).http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanolahraga/inde

P., Lund, Masah, B., & Linch, P. Albinism: Information Pamphlet For Teachers. Education Guides.

Prameswary A., & Maulana, R., R. (2020). Peran Pola Komunikasi Keluarga Dalam Ketahanan Sosial Anak Albino (Studi Pada Keluarga Di Komunitas Albino Indonesia. journal e-Proceeding of Management: Vol.7, No.2 Agustus 2020.

Pusat Mata Nasional. Rumah Sakit Mata CICENDO. Lov Vision: Penglihatan Terbatas. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Putri, W. E., Kurniawati, Y., & Djauhari, T. (2018). Depigmenting Agent Melanotoksik Pada Pengobatan Melasma. Medical and Health Science Journal, 2(2). https://doi.org/10.33086/mhsj.v2i2.584

Rozana, S., Fakultas, D., Islam, A., Pembangunan, U., & Budi, P. (2020). Pengaruh Inovasi Permainan Tradisional “Engklek” Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Tk Melati Jl Klambir V Psr II Desa Klambir V Kebon Kab. Deli Serdang. 13(1), 42–58.

Septiani, A. N., Masijawati, I., Hayati, V., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Cirebon, U. M. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter di SDN Ciremai Giri Kota Cirebon. 367–370.

Syari, Z. Y., & Wati, R. (2021). Manajemen Low Vision Pada Anak Usia Sekolah. Human Care, 6(1), 1–12. https://lens.org/052-260-833-790-404.

Utomo, & Muniroh, N. (2019). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Penglihatan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Voice, S. (n.d.). Albinism An Information Booklet for Teachers in Tanzania

Wulandari, D. A., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam. Vol. 4, No, 1–19. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady Email




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12022p63-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats