Motivasi Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring

Mirnawati Mirnawati, Supriansyah Supriansyah

Abstract


Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran daring di Universitas Lambung Mangkurat. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan memakai metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa berkebutuhan khusus yang berjumlah 24 responden mahasiswa dengan berbagai hambatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyediakan kuesioner yang sudah dibuat dan dibagikan ke 24 responden mahasiswa berkebutuhan khusus melalui google form serta adanya dokumentasi. Penelitian tersebut memakai teknik analisis data ialah statistik dengan adanya suatu penyajian yang mengunakan rumus mean dan grand mean. Mean ini digunakan peneliti untuk menghitung rata-rata dari unsur motivasi belajar mahasiswa bekebutuhan khusus sedangkan grand mean digunakan untuk menghitung rata-rata total. Maka dari itu, berdasarkan dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa motivasi belajar terdapat dua unsur yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Hasil analisis motivasi intrinsik memilki rata-rata 2,68 dengan kategori tinggi dan motivasi ekstrinsik memilki 2,45 dengan kategori sedang. Dari kedua unsur motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam Motivasi Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khsusus Terhadap Pembelajaran Daring Di Universitas Lambung Mangkurat memiliki rata-rata 2,56 dengan kategori sedang. Berdasarkan kedua unsur motivasi belajar bahwa motivasi intrinsik lebih besar dari pada motivasi ekstrinsik. Sehingga motivasi ekstrinsik yang menjadi permasalahan pada motivasi belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus. Maka, dengan demikian motivasi ekstrinsik yang perlu ditingkatkan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus


Keywords


motivasi belajar; mahasiswa berkebutuhan khusus; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Agustiningtyas, P., dan Surjanti. Jun. (2021). Peranan Teman Sebaya Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Di Masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 3 Tahun 2021 Halm 794 – 805.

Amaludin, A. (2013). Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengingkuti Pendidikan Jasmani Melalui Aktivitas Permainan Kecil Di SMPLB Manunggal Slawi Kab. Tegal Tahun 2012. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.

Anas, M. dkk (2014). Motivasi Belajar Mahasiswa. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNM Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Volume 16, Nomor 1, Juni 2014, hlm. 41-46.

Darmawati dan Torro, S. (2019). Upaya Keluarga Single Parent Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Desa Bonto Marannu Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM.

Dian, R, P. dkk. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa XII SMK Sukmawati Gemolong. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Diakses dari: https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1. 10973.

Hakim, M., dan Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretaris dan Manajemen, 4(2), 154–160. Diakses dari: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Hasnawiah, M. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Desa Panincong Kec. Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Alauddin Makassar.

Kadiir, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi BelajarTerhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik Iain Kendari. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian-ISSN: 1978-9726 (p); 2541-0717 (e) Volume 13, Nomor 1 (Mei, 2018).

Kurniawan, A. (2014). Survei Tantang Pedidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Seni Budaya Tingkat SMP Negeri Di Wilayah Kecamaitan Wonosari. Skripsi. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawan, A.W, & Zarah, P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku

Padli, R, D. (2018). Survei Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang". Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Makassar.

Perianto, E. (2016). Minat dan Motivasi Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 1 Tahun 2016, ISSN. 2541-6782

Putria, H., Hamdani, L, M., Azwar, D, U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pendemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Halm. 861 - 872

Rifqah, M., Yusmansyah., & Mayasari, S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Bimbingan Konseling. Universitas Lampung.

Romadon, R., dan Maryam, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembeilajaran Lampu Otomatis Terhadap Hasil dan Motiviasi Beilajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisaka Lisitrik. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2), 139–143. Diakses dari: https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.797

Safarati, R. N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi. XII(1), 113–118.

Setiawan, S., dan Mulyapradana, A. (2018). Peran Work Motivation Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Reeward Insstrinsik, Supervision off work & Satisfaction off Coompensation Teirhadap Eimpiloyee Performancee. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(1), 115-125.diakses dari: https;//doi.org/10.36778/jesya.v2i1.26

Suni, A, N. K. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Coivid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. Diakses dari: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Tahrir. (2011). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN "SGD" Bandung. Skrpsi. Fakultas Psikologi. UIN.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12022p69-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats